SELAMAT DATANG DI SITUS BLOG HADZIHI SABILI - JEHADEMUSA

Kamis, 20 September 2018

Program Studi S1 Kebidanan (Sarjana Kebidanan) di Indonesia

Berdasarkan penelusuran penulis di situs resmi IBI (Ikatan Bidan Indonesia), pendidikan bidan di Indonesia sudah dimulai sejak tahun 1851. Pendidikan bidan di perguruan tinggi baru dimulai pada tahun 1996 dengan dibukanya program studi Diploma III Kebidanan. Pendidikan bidan pada jalur pendidikan akademik baru dibuka sepuluh tahun kemudian yaitu dibukanya jenjang S2 Kebidanan di Universitas Padjadjaran pada tahun 2006 dan jenjang S1 Kebidanan pada tahun 2008 di Universitas Airlangga.
Dibukanya program studi S1 Kebidanan atau S1 Pendidikan Bidan akan berlanjut ke jenjang pendidikan profesi yakni Pendidikan Profesi Bidan. Pendidikan profesi bidan diharapkan sejajar dengan program studi ilmu-ilmu kesehatan lain seperti S1 Keperawatan dengan profesi nersnya, S1 Farmasi dengan profesi apotekernya, S1 Kedokteran/S1 Pendidikan Dokter dengan profesi dokternya, dan lain-lain.
Menurut penelusuran sederhana yang dilakukan oleh penulis di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi, jumlah perguruan tinggi negeri dan swasta yang menyelenggarakan pendidikan profesi bidan hingga April 2018 berjumlah 12 perguruan tinggi. Pendidikan profesi bidan pertama kali berdiri di Universitas Airlangga pada tahun 2011, yang dimulai dengan dibukanya S1 Kebidanan Unair pada tahun 2008. Apabila pencarian program studi menggunakan kata kunci “bidan” di jenjang “S1” maka hanya terdapat empat perguruan tinggi di Indonesia yang menyelenggarakan program studi S1 Kebidanan atau S1 Pendidikan Bidan. 
No
PTN/PTS
Program Studi
Tanggal Berdiri
Lokasi
1.
Universitas Airlangga
Kebidanan
10 Maret 2008
Surabaya
2.
Universitas Brawijaya
Kebidanan
31 Desember 2010
Malang
3.
Universitas Andalas
Kebidanan
14 November 2012
Padang
4.
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hamzar Memben Lombok Timur
Pendidikan Bidan
15 Desember 2015
Lombok Timur
            Jika penelusuran program studi pendidikan profesi bidan dilakukan menggunakan fitur pencarian data program studi dengan kata kunci “bidan” di jenjang “profesi”, maka diperoleh sebanyak 11 perguruan tinggi yang telah membuka program studi pendidikan profesi bidan. Dalam daftar ini, Universitas Andalas tidak tercantum. Universitas Andalas merupakan satu-satunya perguruan tinggi yang membuka S1 Kebidanan, tetapi program studi pendidikan profesi bidannya masih belum tercatat di dalam pangkalan data pendidikan tinggi.
No.
PTN/PTS
Program Studi
Tanggal Berdiri
Lokasi
1.
Universitas Airlangga
Pendidikan Profesi Bidan
30 Juni 2011
Surabaya
2.
Universitas Brawijaya
Profesi Bidan
23 Oktober 2017
Malang
3.
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hamzar Memben Lombok Timur
Profesi Bidan
15 Desember 2015
Lombok Timur
4.
Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Surakarta
Profesi Bidan
1 November 2016
Surakarta
5.
Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Semarang
Profesi Bidan
1 November 2016
Semarang
6.
Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Jakarta III
Profesi Bidan
7 November 2016
Jakarta
7.
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra Husada Medan
Pendidikan Profesi Bidan
18 Oktober 2017
Medan
8.
Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Profesi Bidan
9 November 2017
Purwokerto
9.
Institut Kesehatan Medistra Lubuk Pakam
Pendidikan Profesi Bidan
6 Maret 2018
Lubuk Pakam
10.
Universitas Islam Sultan Agung
Pendidikan Profesi Bidan
19 Maret 2018
Semarang
11.
Universitas Aisyiyah Yogyakarta
Pendidikan Profesi Bidan
19 Maret 2018
Yogyakarta
Data yang ditampilkan di atas menunjukkan perkembangan pendidikan profesi bidan di perguruan tinggi di Indonesia sejak tahun 2011. Perkembangan ini dapat dikatakan sebagai tahap permulaan. Perguruan tinggi papan atas seperti Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Gadjah Mada (UGM) tampaknya masih belum tertarik untuk membuka pendidikan akademik kebidanan (S1) dan pendidikan profesi bidan. Padahal, Unair telah lebih dahulu memulainya sejak 10 tahun yang lalu.
Dalam sepuluh tahun terakhir, perguruan tinggi di wilayah Indonesia bagian timur masih belum membuka program studi pendidikan profesi bidan. Informasi terbaru yang penulis peroleh melalui penelusuran google, satu-satunya perguruan tinggi di Indonesia Timur yang telah membuka S1 Kebidanan adalah STIKES Megabuana Palopo. Program studi ini masih tercatat di pangkalan data dikti sebagai prodi D-IV Kebidanan yang merupakan perubahan nama dari D-IV Bidan Pendidik pada tanggal 2 April 2018. 
Pendidikan profesi bidan di Indonesia tidak hanya berasal dari jalur akademik saja (pendidikan S1), tetapi juga berasal dari pendidikan vokasi (Diploma IV) yaitu adanya pendidikan profesi bidan dari jalur D-IV Kebidanan di Poltekkes Kemenkes Semarang, Poltekkes Kemenkes Surakarta, dan Poltekkes Kemenkes Jakarta. Ini menunjukkan bahwa di masa yang akan datang, peluang untuk membuka pendidikan profesi bidan sangat besar karena hingga saat ini sudah banyak perguruan tinggi yang membuka program studi D-IV Kebidanan. Dengan kata lain, hanya tinggal selangkah lagi, program studi pendidikan profesi bidan di Indonesia akan memasuki tahap perkembangan selanjutnya.
Referensi:
 

8 Tulisan Populer Pekan Ini