SELAMAT DATANG DI SITUS BLOG HADZIHI SABILI - JEHADEMUSA

Jumat, 03 Juni 2016

Apa perbedaan auditee, guide, audit team dan observer?



Saya akan mencoba menjelaskan perbedaan antara AUDITEE, GUIDE, AUDIT TEAM dan OBSERVER di dalam dunia audit sistem manajemen.

AUDITEE adalah organisasi (lembaga) yang sedang diaudit atau yang meminta untuk diaudit (Disebut juga Audit Client).

GUIDE adalah orang yang ditunjuk oleh auditee untuk membantu auditor atau audit team selama pelaksanaan audit berlangsung, di dalam beberapa perusahaan sering juga disebut dengan istilah AUDITEE REPRESENTATIVE.

AUDIT TEAM adalah sejumlah auditor yang melaksanakan audit (terdiri atas Lead Auditor, Auditor, dan Auditor in Training). Auditor in Training adalah auditor yang masih menjalani masa pelatihan sebagai auditor.

OBSERVER adalah orang yang menemani AUDIT TEAM melaksanakan audit, tetapi bukanlah merupakan bagian dari AUDIT TEAM. Observer bersifat independen dalam pelaksanaan audit, ia tidak dapat mempengaruhi dan tidak dapat ikut campur selama audit berlangsung karena hanya sebatas pengamat (witness). Observer dapat berasal dari AUDITEE atau pihak lain yang ingin menyaksikan audit tersebut.

Istilah di atas adalah hasil pemahaman pribadi saya dari buku panduan audit sistem manajemen yakni ISO 19011:2011 Guidelines for auditing management systems.

Tidak ada komentar:

8 Tulisan Populer Pekan Ini