SELAMAT DATANG DI SITUS BLOG HADZIHI SABILI - JEHADEMUSA

Sabtu, 15 Oktober 2011

Menuntut Ilmu (Kesibukan Baru Saya)

Bismillah. Menuntut ilmu itu adalah pekerjaan sepanjang waktu. Tidak ada sekat atau apapun yang mampu menghalangi selagi ada niat untuk menuntut ilmu. Sekadar motivasi. Menuntut ilmu juga memang tidak perlu di jalur formal, tetapi permintaan dunia hari ini menghendaki agar setiap penuntut ilmu berada di jalur formal. So...

Mulai Tahun Akademik 2011/2012, alhamdulillah, saya telah memiliki kesibukan baru sebagai penuntut ilmu. Tempat saya menuntut ilmu adalah di Program Pascasarjana Universitas Jambi, Program Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PIPA), Konsentrasi Ilmu Kimia. Sekadar ingin berbagi informasi bahwa beban studi magister memang tidak sebanyak beban studi sarjana tetapi cukup menyita waktu untuk memikirkannya, hehe.


Berikut saya sebutkan serangkaian kesibukan melalui mata kuliah yang saya pelajari dalam 3 (tiga) semester dilengkapi dengan program matrikulasi :

1. Filsafat Sains (Philosophy of Science)
2. Model Pembelajaran Sains (Models for Teaching Sciencel)
3. Desain Pembelajaran Sains (Instructional Design for Science)
4. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Sains (Multimedia Development for Teaching Science)
5. Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Sains (Information & Communication Technology in Teaching Science)
6. Evaluasi Otentik Pembelajaran Sains (Authentic Evaluation of Teaching Science)
7. IPA Terpadu (Integrated Science : Chemistry, Biology, and Physics)
8. Kimia Lanjut I (Advanced Chemistry I)
9. Kimia Lanjut II (Advanced Chemistry II)
10. Kimia Lanjut III (Advanced Chemistry III)
11. Isu Kritis dalam Ilmu Kimia (Critical Issue in Chemistry)
12. Statistika Terapan (Applied Statistics)
13. Metodologi Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Methodology)
14. Metodologi Penelitian Kuantitatif (Quantitative Research Methodology)
15. Kewirausahaan & Manajemen Perubahan (Entrepreneurship and Management of Change)
16. Prinsip-prinsip dalam Pendikan Sains (Principles of Science Education)
17. Psikologi Pendidikan (Educational Psichology)
18. Bahasa Inggris dalam Pembelajaran Sains (English for Teaching Science)
19. Seminar Proposal dan Tugas Akhir (Proposal and Thesis)

Dosen-dosen yang mengajarkan saya semuanya berpendidikan S3 (hampir semuanya lulusan luar negeri), beberapa di antaranya telah menyandang gelar guru besar (Profesor). 

Semoga apa yang saya cita-citakan ke depan berdasarkan latar belakang ilmu yang saat ini sedang saya dalami tersebut mampu menghasilkan manfaat buat bangsa yang tercinta ini pada khususnya dan bagi umat pada umumnya. Tidak lama lagi, saya akan menyandang sebutan baru sebagai JHD, S.Si., M.Pd. (insyaAllah, jika Allah menghendaki).

Dan setelah itu S3, mungkinkah? Biarlah keyakinan yang menjawabnya.

Tetap Bekerja Untuk Indonesia!

Tidak ada komentar:

8 Tulisan Populer Pekan Ini