SELAMAT DATANG DI SITUS BLOG HADZIHI SABILI - JEHADEMUSA

Selasa, 04 Juni 2013

Sulitnya Mempertahankan Kualitas Produk di Negeri Ini

Diperlukan suatu komitmen yang tinggi dan harmoni dari pemilik industri dan jajaran pimpinan untuk mempertahankan kualitas produk apabila telah memiliki produk yang telah diakui sebagai produk berkualitas di pasar. Jangan sampai mengikuti kebodohan beberapa produsen seperti yang saya contohkan yakni kasus yang sering dialami di negeri kita tercinta, betapa “sulitnya” para produsen dalam mempertahankan kualitas produknya.

Saya punya pengalaman pribadi tidak hanya satu pengalaman saja, misalnya ketika berlangganan di suatu warung makan. Saya memperhatikan bahwa kualitas masakannya baik sekali hingga para pelanggannya pun bertumbuh cepat, ini wajar dan dianggap sebagai kesuksesannya dalam menyajikan masakan berkualitas. Namun apa yang terjadi setelah beberapa waktu kemudian dengan kebanggaan memiliki pelanggan banyak? Ia secara perlahan mengurangi bumbu dengan tujuan efisiensi produksi, akhirnya pelanggan pun sadar dan tidak bodoh bahwa kualitas rasa masakan telah berubah. Hanya menunggu waktu yang tepat saja bagi para pelanggannya untuk beralih ke warung lain.

Mempertahankan kepuasan pelanggan adalah suatu seni yang harus dinikmati oleh produsen sehingga akhirnya mampu mempersembahkan produk yang terbaik bagi konsumen. Produsen tak boleh abai dalam hal ini hanya karena mengejar keuntungan-keuntungan sesaat lalu cuek dengan kualitas sehingga cenderung menurun.



2 komentar:

Ririn Agustin mengatakan...

assalammualaykum Bang Hadzihi, salam kenal. Membaca beberapa artikel Anda, ternyata Anda bekerja di LP ya. Izin mencuplik beberapa kalimat di artikel Anda tentang LP ya, suami saya tahun 2008 dulu juga di sana AMP 1, sampai 2010, mungkin Anda kenal...saat ini masih ada beberapa kawan suami saya yang di sana misal Bang Willy atau Pak Heri...(Om Setyo crew), anda kenal? Sekarang kami di RAPP. Silakan berkunjung ke blog saya...terima kasih

JHD Musa (jehademusa) mengatakan...

Terima kasih telah berkunjung mbak khusna.
Salam sukses selalu.

8 Tulisan Populer Pekan Ini