SELAMAT DATANG DI SITUS BLOG HADZIHI SABILI - JEHADEMUSA

Minggu, 05 September 2010

MBOS Memang Bukan Hal Baru!

MBOS atau Management by Olympic System atau dikenal dengan Olympic Management System, adalah sebuah management system yang digunakan oleh seluruh korporasi ASIA PULP & PAPER (bidang usaha pulp dan kertas perusahaan Sinar Mas, salah satunya Lontar Papyrus tempat saya mencari makan setiap hari), perusahaan ini tersebar di beberapa negara di dunia, hingga hari ini mereka menerapkan pola manajemen MBOS. Para kalangan praktisi maupun pakar bisnis mengakuinya bahwa MBOS adalah rahasia spesial yang dimiliki APP Sinar Mas dalam menempa daya tahan bertahannya memenangkan persaingan bisnis. Berbagai krisis moneter sanggup diatasinya, tidak ada kelumpuhan yang berarti bagi perusahaan bubur kertas dan kertas 'digdaya' pemanfaat sumber hutan itu.


Tentang prinsip manajemen ala “MBOS”, tidak cukup hanya dengan satu tulisan singkat membahasnya, ada training bertahap yang perlu didikuti oleh karyawan ASIA PULP & PAPER (APP), namun secara sederhana saya mampu menangkap bahwa MBOS mengajarkan sistem pengelolaan yang didasarkan para target-target secara olimpik. Adanya sistem kompetisi dalam melakukan setiap kegiatan untuk kepentingan perusahaan diyakini mampu meningkatkan kapasitas dan kapabilitas perusahaan dalam mengarungi persaingan bisnis di tataran internasional.

Jauh sebelum teori MBOS dipakai oleh Sinar Mas APP, sebenarnya Umat Islam telah menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari walaupun tidak semua. Ayat Al-Qur’an yang mengajak beramal berdasar target olimpik adalah “fastabiqul khairat”, belum cukupkah dalil ini???

Ya, terserah bagaimana kita menyikapinya. Semua berpulang pada diri kita. Mumpung Ramadhan belum berakhir, mari berlomba, mari berkompetisi demi diri yang lebih baik… InsyaAllah! Marilah menyelesaikan target -target kita dengan prinsip olimpik, mudah-mudahan Allah meridhai dan memudahkan. Amin.

JHD, S. Si - Pulp Quality Section 01100931
Lontar Papyrus - Sinar Mas Pulp & Paper

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Dear Pak Jul,

perkenalkan sekali lagi pak, saya Pandu Kukun yang saat ini saya mau coba angkat MBOS di kantor saya, sebuah perusahaan IT Consulting.

Kenapa MBOS, karena secara tidak sadar, ksntor saya menganut itu, tht's why saya mau angkat itu di thesis saya.

Kendala saat ini adalah saya kesulitan literatur mengenai MBOS. Bisa bantu informasi mengenai itu?

Wassalamualaikum Wrwb.

8 Tulisan Populer Pekan Ini