SELAMAT DATANG DI SITUS BLOG HADZIHI SABILI - JEHADEMUSA

Senin, 07 Juni 2010

Cerita Tentang Seorang Guru Dakwah FMIPA

Bismillah,

Di antara beberapa Guru dakwah dan senior kita di FMIPA Universitas Andalas yg pernah aku temui, terkenanglah olehku salah seorang ikhwan bernama Uda Achmad Suryaman (Far '00), saat ini bekerja di sebuah perusahaan farmasi. Beliau adalah seorang teladan di wisma, banyak ikhwan mengakuinya, banyak hal yang dapat dipelajari dari beliau bahkan termasuk juga tentang semrawut atau kadang berserakannya kamar beliau karena dipenuhi buku-buku kuliah dan buku-buku dakwah harakah yang terus menerus dibacanya tiap waktu.



Beliau mantan penanggung jawab jama'ah dakwah di fakultas, lebih sering kita namai dgn mas'ul syuro fakultas. Banyak hal yang membuat kita kagum dengan beliau, luar biasa! Aktivitas dakwahnya oke, kuliahpun selalu oke. Bahkan yang membuat beliau lama tamat adalah keinginan beliau sendiri yang “mengulur waktu kuliah” dalam rangka mempersiapkan generasi-generasi penerus dakwah di fakultas.

Kalau soal jumlah binaan yang dimilikinya, wew, jgn ditanya. Binaan beliau bejibun, mungkin terdiri atas lintas fakultas dan lintas universitas. Kalau soal ketawadhuan, wow, luar biasa! Sangat tawadhu! Ibadahnya jg mantap, shaum sunnah dan qiyamullail telah menjadi kebiasaan beliau.

Ada pesan beliau kepada kita semua agar tetap liqo', kapanpun, dimanapun, dan bagaimanapun keadaan kita hari ini, liqo' must go on!

Beliau pernah berpesan tentang kaderisasi di fakultas : “optimalkan semua wajihah dan wasilah yg ada di FMIPA untuk merekrut kader dakwah sebanyak dan seberkualitas mungkin, dan kita jgn hanya tergantung pada kekuatan kaderisasi FSI (baca : pla rekrutmen ISTANA setahun sekali)”.

Demikian, semoga menjadi bahan pelajaran bagi kita ‘sadoalahnyo’.
Wallahu a'lam.

JHD – Satu di antara yang menjadi saksi tentang beliau.
Rimba akasia, Sinar Mas Pulp and Paper - Jambi

Tidak ada komentar:

8 Tulisan Populer Pekan Ini