SELAMAT DATANG DI SITUS BLOG HADZIHI SABILI - JEHADEMUSA

Sabtu, 24 Desember 2011

TIM LUAR BIASA - ISO QRD LPPPI


Tidak terasa waktu yang begitu cepat berlalu, tahun yang sebentar lagi berganti mengingatkan saya akan hal ini bahwa saya telah memasuki tahun ketiga mencari makan di hutan akasia Tebing Tinggi Kab. Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi. Bulan Mei tahun 2009 adalah waktu pertama kali saya melangkahkan kaki ke PT. LPPPI (PT Lontar Papyrus Pulp and Paper Industry), sebuah perusahaan besar yang bernaung di bawah APP – Sinar Mas (Asia Pulp and Paper). Saya datang memenuhi undangan bidang personalia bersama sejuta kebingungan, mengapa saya harus ditakdirkan berada di tengah hutan. Jauh dari kota. Jika ingin ke kota, setidaknya butuh waktu sekitar tiga jam di atas kendaraan yakni bus yang disediakan oleh perusahaan.

Dua tahun pertama, Mei 2009 hingga Juli 2011 saya ditempatkan di bidang Pulp Quality. Bidang kerja yang sangat erat hubungannya dengan latar belakang pendidikan saya yaitu S1 Kimia FMIPA. Di sini saya bekerja di laboratorium dengan sistem shift (kadang jadwal pagi, kadang sore atau malam). Masa-masa terberat yang saya arungi dalam perjuangan meneruskan hidup. Fokus utama pekerjaan saya adalah melakukan analisis kimia di laboratorium secara rutin untuk mengendalikan kualitas produk akhir dan proses kimia industrinya. Produk utama adalah pulp (bubur kertas) yang merupakan bahan hampir jadi kertas. Selain produk berupa pulp, saya juga memeriksa tentang bahan-bahan kimia seperti NaOH, HCl, dan beberapa campuran pemasak kayu (White Liquor).

Bulan Juli 2011, saya ditawari oleh Pak Yusharlin S.Si, koordinator Tim ISO di perusahaan untuk bergabung ke dalam tim beliau. Proses mutasi dimuluskan oleh beliau dari Seksi Pulp Quality ke Tim ISO. Tim ISO adalah nama tim yang bekerja untuk mengendalikan dan memantau seluruh dokumen di perusahaan, pekerjaannya sangat berhubungan erat dengan sertifikasi sistem manajemen mutu dan lingkungan. Di sini saya juga belajar sedikit banyaknya tentang QMS (Quality Management System) atau ISO 9001, juga tentang EMS (Environmental Management System) atau ISO 14001.  Beberapa sistem sertifikasi lain juga dipelajari (meski belum maksimal) antara lain : Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK), Sistem Sertifikasi LEI, PEFC, HAS, dll.

Sebenarnya saya sudah lama sekali ingin bercerita tentang aktivitas baru yang saya tekuni di perusahaan ini. Aktivitas yang menyita lelah tapi pada kenyataannnya begitu saya nikmati. Bukan basa-basi, aktivitas di tim baru tempat saya bergabung bekerja adalah aktivitas penuh pembelajaran. Hampir setiap hari ada masalah baru yang menuntut kita untuk berpikir tentang pemecahan masalah tersebut.

Hal yang paling menarik dan paling membuat betak bergabung ke dalam tim ISO ini adalah asyiknya berteman dan bekerja bersama dengan orang-orang di dalam teman ini. Pak Yus (Koordinator Tim), Sarjana Sains bidang kimia lulusan Universitas Andalas, beliaulah yang membuat saya memiliki ilmu tentang ISO. Umurnya yang sudah kepala empat ternyata masih mampu mengimbangi atau mungkin mengalahkan semangat generasi muda umur dua puluhan atau tiga puluhan. Banyak orang yang tak percaya jika beliau sudah berumur 42 tahun .

Ms. Tsai Ming Mei (Pimpinan QRD LPPPI). Seorang Ibu yang pernah lama tinggal di Kanada, beliau membimbing kami dengan ketegasan seorang pemimpin dan kebijaksanaan seorang Ibu.  QRD adalah salah satu bagian di dalam perusahaan kami yang kepanjangannya amat panjang (namanya juga kepanjangan), Quality Assurance and Research and Development Department. Ms. Tsai, begitulah kami menyapanya, seorang Ibu berusia mendekati 60 tahun namun dengan penuh semangat memimpin sebuah bagian strategis di dalam perusahaan ini. Jangan harap Anda bisa memahaminya dengan sempurna bila tidak memahami bahasa Inggris. Sehari-harinya di tempat kerja, beliau memakai bahasa Inggris bercampur sedikit dengan Bahasa Indonesia. Dalam kepemimpinan beliau, saya melihat QRD meraih banyak prestasi. Banyak pencapaia yang telah nyata, salah satunya “Zero Customer Claim” yang merupakan salah satu proyek besar QRD.

Pak Isra Maizal, ST., Sarjana Teknik Kimia dari Universitas Sriwijaya yang asyik. Canda bernada serius darinya, itu yang menjadi ciri khas beliau. Kemampuan melakukan supervisi juga tidak diragukan. Bekerja sebagai V-TEAM MBOS (Management by Olympic System). Apalagi bila bersama dengan Pak Afif Mufrodi, SE., Sarjana Ekonomi dari Universitas Jambi yang kesehariannya bercanda tentang hal-hal di luar dugaan. Meski kadangkala jika sedang serius, jangan coba-coba juga untuk mengganggunya. Bekerja di dalam tim sebagai ISO Controller.

Bu Eka Purnama Sari, SS (Sastra Inggris dari Universitas Andalas) sebagai ISO Document Updater. Bila sudah bersama Bu Fitri Yuli Kartika, SH (Sarjana Hukum dari Universitas Sumatera Utara) pasti segalanya menjadi ceria. Bu Fitri bertanggung jawab dalam administrasi QRD. Kedua Ibu-Ibu dahsyat ini meskipun bekerja dengan semangat tapi keduanya paling takut sama hantu, hehe.

Pak Legiono, S.Si  (Sarjana Sains bidang Statistika dari Universitas Islam Indonesia), seorang yang low profile, ramah, baik dan segaa macam ciri khas kejawaannya. Mas Legi, itulah panggilan sehari-hari untuk beliau. Beliau bertanggung jawab dalam hal sistem sertifikasi produk halal atau Sistem Jaminan Halal, LEI, PEFC, SVLK dan hal-hal yang berhubungan dengan internal audit.

Sementara saya sendiri juga punya pekerjaan tentang pelaksanan tindakan perbaikan dan  pencegahan yang berhubungan dengan sertifikasi. Di sini saya belajar tentang CPAR (Corrective Preventive Action Request) dan cara mengendalikan dokumen serta implementasinya. Juga tentang Customer Complaint, ANCR, de el el. Bersama Mas Legi, saya berkaitan pekerjaan terutama dalam internal audit ISO dan ANCR-nya.

Satu lagi karyawan di tim ini adalah Pak Yuan Thohari, ST seperti yag pernah saya ceritakan pada postingan bulan Agustus 2011 yang lalu. Beliau adalah Sarjana Teknik Lingkungan alumnus Universitas Andalas, u punya potensi untuk mudah akrab dan pemaaf. Tidak ada masalah yang tidak selesai. Permudah jangan dipersulit. Begitu katanya.

Pagi sudah hampir usai. Saatnya mengakhiri tulisan, lain kali disambung. Terima kasih telah membaca tulisan ini.

Tidak ada komentar:

8 Tulisan Populer Pekan Ini