SELAMAT DATANG DI SITUS BLOG HADZIHI SABILI - JEHADEMUSA

Kamis, 14 Mei 2015

Bersenang-Senang Bersama Anak TPA AL HIDAYAH

Tadi malam setelah shalat Isya' di Masjid Al Hidayah, sebuah masjid di komplek perumahan karyawan, saya bermain bersama anak-anak TPA. Di sini kami mengobrol bersama 39 anak TPA yang sebentar lagi diwisuda. Obrolan kali ini tentang kiat menjadi orang sukses.

Obrolan dimulai dengan kisah harimau masuk lemari es dan pesta ulang tahun om tarzan. Setelah itu barulah masuk pada cerita inti dan motivasi sukses dari Kak Jul (begitu saya menyebut nama diri sendiri di hadapan anak-anak TPA). Adik-adikku sekalian... Kak Jul akan berbagi dengan kalian seputar tips atau kiat menjadi orang yang sukses. Tentu kalian mau kan menjadi orang yang sukses? Dan seterusnya... Meskipun sebenarnya malam itu saya sedang ngantuks berat. Haha.

Kiat-kiat sukses yang saya bagikan adalah niat, mimpi, target, mampu, doa dan tawakkal. Adik-adikku harus punya niat, apa itu niat? Suatu kebulatan hati untuk menuju sesuatu. Lalu setelah berniat, mimpikanlah dirimu sukses menyelesaikan atau meraih apa yang kamu tuju. Lalu jangan lupa pasang target. Target itu adalah tujuan yang nyata tercapai. Tujuan yang benar adalah tujuan untuk kebaikan dan dalam rangka menebar manfaat bagi semesta alam.

Tujuan dibagi tiga jenis sesuai waktunya, ada jangka pendek. Tujuan yang akan kamu raih dalam beberapa waktu singkat akan datang. Misalnya nanti, besok, tahun depan. Sedangkan tujuan jangka menengah adalah tujuan yang akan kamu raih nanti di saat dewasa. Kita harus menjadi "ORANG". Tujuan jangka panjang adalah mati masuk surga atau kebahagiaan di akhirat.

Untuk mencapai tujuan maka mulai saat ini, detik ini, kamu harus mulai membangun kemampuan dirimu. Mampu berpengetahuan (berilmu). Ilmu yang utama adalah ilmu agama karena ini satu-satunya alat untuk mencapai tujuan akhir (tujuan jangka panjang). Mampu berakhlaq mulia, jauhi pergaulan dengan anak-anak yang nakal, anak-anak yang kerjanya cuma bermain game saja, anak yang tidak pernah shalat, anak yang tidak mau belajar membaca Al Quran, anak yang membangkang orangtuanya. Jauhi ya?!!! Selain itu kamu juga harus memampukan dirimu dalam aspek kesehatan dan kekuatan badan. Peliharalah fisikmu. Jaga kebersihan diri, misalnya mandi yang rajin. Senangilah salah satu saja jenis olahraga. Tidak perlu harus jadi atlet karena berolahraga tidak harus untuk mengejar prestasi atau berlomba. Olahraga ya untuk diri sendiri saja.

Kiat yang tidak boleh dilupakan adalah doa dan tawakkal. Kita harus menjalin komunikasi dengan Allah. Dia satu-satunya yang berkuasa untuk memberikan kita kesuksesan. Tawakkal adalah menyerahkan segala urusan atas kehendak Allah setelah sebelumnya kita berjuang.

Semua kiat di atas tidak akan lancar kalau kita cuma tidur dan asyik main game di warnet. Maka dari itu mulai sekarang jangan banyak-banyak tidur dan jangan terlalu lama main game.

Demikian, terima kasih.

Tidak ada komentar:

8 Tulisan Populer Pekan Ini