SELAMAT DATANG DI SITUS BLOG HADZIHI SABILI - JEHADEMUSA

Kamis, 09 Agustus 2007

8 Keistimewaan Kaderisasi 07/08

Inilah Tulisan Kami Tentang Kaderisasi 07/08

Tulisan ini bukan untuk berbangga atau sekedar pelepas nafsu untuk membeberkan tentang kaderisasi. Naudzubillah... Tulisan ini hanya untuk menguatkan saudara-saudaraku yang tercinta di jalan Allah, agar mereka lebih percaya diri untuk beramal sesuai dengan amanah yang dibebankan pada mereka. Selain itu, kami yakin bahwa dengan adanya tulisan ini, tidak ada lagi yang berkata bahwa 'kami ragu dengan kinerja kaderisasi tahun ini, karena 95 % komposisi departemen ini adalah wajah baru'. Semoga tidak ada lagi keraguan yang semacam itu dengan hadirnya tulisan ini. Karena kami yakin bahwa kaderisasi 07/08 tahun ini adalah istimewa.

Tulisan ini sekaligus juga, dan boleh jadi akan menambah deretan literatur tentang kaderisasi yang ideal seperti halnya Dep. Kaderisasi FSI FMIPA saat ini. Ideal! kata itulah yang kami pikirkan sebagai predikat yang pantas disandang oleh pengurus tahun ini. Semoga mereka mampu melahirkan karya terbaik bagi masa depan dakwah rohis mipa nasional, khususnya FMIPA UNAND.

Tulisan ini di-sangat-spesialkan untuk para sahabat di wajihah kaderisasi khususnya FSI FMIPA UNAND periode 2007/2008. Ini adalah sebuah persembahan yang terbaik dari kami. Kami adalah salah seorang yang pernah berada di departemen ini, telah sadar bahwa apa yang pernah kami lakukan untuk kaderisasi tidak bernilai apa-apa kecuali dengan keikhlasan hati kami masing-masing. Dan itupun adalah suatu yang abstrak, manusia seperti kita tidak mampu mengukur dan menebaknya. Oh ya, perlu kami tegaskan sekali lagi bahwa tulisan ini insya Allah menguatkan kita semua...

Baiklah, izinkanlah kami memulai menuliskan satu persatu tentang keistimewaan kaderisasi 07/08. Kami tahu bahwa antum semua sudah banyak yang tidak sabar ingin membca lebih lanjut uraian kami di bawah ini. Inilah keistimewaan2 yang kami tahu tentang kaderisasi 07/08 (tahun ini). Mohon maaf jika kami sedikit membandingkannya dengan kapengurusan sebelumnya.

1. Perangkat Departemen
Kaderisasi 07/08 memiliki perangkat departemen yang jelas. Ini tidak dimiliki oleh pengurus kaderisasi sebelumnya. Tahun ini, perangkat kaderisasi terdiri atas : Ketua Departemen, Sekretaris Departemen (Wakil Ketua Departemen), Koordinator Akhwat Departemen (KorwatDep), Bendahara Departemen, dan staf departemen. Semua jobdescription masing-masing perangkat sudah jelas... Mereka memiliki tugas masing-masing. Itulah keistimewaan tahun ini

2. Komposisi kepengurusan
Kaderisasi 07/08 diisi oleh ikhwan dan akhwat dari berbagai jurusan yang ada di fakultas, yakni 5 jurusan. hal ini akan sangat memudahkan dalam berinteraksi dengan kader. Berbeda dengan tahun lalu, tidak ada perwakilan dari jurusan fisika. Alhamdulillah tahun ini lengkap.

3. Komitmen Terhadap Amanah
Setelah kami perhatikan beberapa bulan terakhir, semua pengurus kaderisasi memiliki semangat yang tinggi. Kehadiran 100 % pada saat rapat dan agenda penting lainnya yang berhubungan dengan kaderisasi. Ketidakhadiran? sejauh yang kami tahu selama ini bahwa ketidakhadiran dalam agenda-agenda tertentu hanya disebabkan oleh alasan logis, syar'iy dan manhajiy... Kesimpulannya bahwa mereka (pengurus departemen) memiliki komitmen yang tinggi terhadap amanah kaderisasi. Karena mereka juga telah memahami bahwa kaderisasi adalah jantung dari sebuah lembaga dakwah. (Sebagaimana akh Rahmat (Ketum) menggambarkannya dalam buku manual yang disusunnya...)

4. Track Record, Pengalaman, Background
Pengurus tahun ini adalah kader pilihan di fakultas mipa unand. Hal ini bukan berarti meremehkan departemen lain, sama sekali tidak! Namun, mereka yang berada di kaderisasi 07/08 adalah kader-kader terpilih yang diyakini mampu beramal di bidang kaderisasi selama (minimal) 1 tahun ke depan. Mereka memiliki latar belakang yang 'cantik' tentang kaderisasi. Bahkan latar belakang pengurus bervariasi, ada dari siyasiy, ilmiy, dan da'awiy... atau yang mendekati dari salah satunya. Ada yang berasal dari Tim RAI Fakultas MIPA (konon katanya, wajihah ini juga berhubungan dengan kaderisasi mahasiswa muslim mipa). Memang, ada 3 ikhwan (angkatan 2006, termuda) yang dianggap masih hijau tentang kaderisasi. Akan tetapi kami menganggap bahwa mereka ini sebenarnya memiliki kapasitas yang sesuai untuk kaderisasi. Mereka adalah pembelajar terbaik sejauh yang kami pahami dan amati selama ini.

5. Daerah Asal
Point yang satu ini mungkin tidak terlalu penting bagi sebagian orang. Namun kami memandang bahwa daerah asal akan menentukan tingkat dinamika kepengurusan ke depan. Daerah asal yang bervariasi merupakan suatu modal untuk berpikir dan bertindak kreatif dalam setiap problema. Semakin bervariasinya daerah asal maka itu berarti bahwa pemikiran yang akan masuk untuk kepentingan kaderisasi akan semakin berpeluang global. Perlu diingat, kaderisasi menuntut kemampuan berinteraksi dan berpikir global karena sasaran kaderisasi harus global, menyeluruh, seluruh bagian penting dari ummat! Dan kami pikir, komposisi pengurus tahun ini telah menjawab tuntutan itu. Pengurus kaderisasi 07/08 berasal dari banyak daerah asal : Sumut, Sumbar, Bengkulu, Jambi, jakarta, dll.

6. Up Grading
Kami yakin bahwa pengurus kaderisasi 07/08 telah ter-up grade dengan baik. Materi tentang sistem kaderisasi FMIPA UNAND sedikit banyaknya telah mulai mereka pahami satu persatu. Seperti halnya tentang alur dan jenjang peng-kaderan ADK (Aktifis Dakwah Kampus) FMIPA UNAND, Kurikulum Kaderisasi, Sistem Dakwah Fardiyah Terpadu (walaupun belum rampung...), dan Arahan Kerja Kaderisasi Tahunan (berkala) sebagaimana tertuang dalam rencana strategis dakwah kita. Inilah keistimewaan mereka, minimal beberapa orang telah mampu memahami tentang sistem kaderisasi FMIPA UNAND yang kami sebutkan tadi. Karena kami tahu mereka telah banyak belajar mandiri, bertanya pada senior, dan sebagainya. Singkatnya, mereka lahir di kaderisasi tidak tanpa up grading.

7. Program Kerja yang Bermutu
Melihat hasil rapat perencanaan program kerja yang telah mereka (pengurus kaderisasi 07/08) susun untuk satu tahun ke depan, ada sebuah keyakinan yang mendalam bahwa program mereka akan sukses. kalaupun tidak sukses, mereka tidak akan percaya bahwa itu adalah kegagalan. Mereka selalu beranggapan bahwa itu hanyalah kesuksesasan yang tertunda. Kami telah meneliti satu persatu rincian program kerja mereka, wah! seperti inilah yang kita inginkan. Semuanya terencana dengan matang. Mungkin karena pengurus kaderisasi tahun ini telah memahami bahwa perencanaan adalah 50 % kesuksesan.

8. Faktor Personal
Setelah kami perhatikan dengan seksama bahwa kaderisasi 07/08 dipimpin oleh ikhwan yang sedang berkobar dalam hal semangat, memukau dalam pemahaman, dan cemerlang dalam tindakan. Beberapa yang sempat tertulis di sini adalah :
- Akhuna Iwan Apriono (Fisika 05), Ketua Departemen Kaderisasi 07/08. Saudara kita yang terlihat sederhana namun pemikiran-pemikirannya tentang kaderisasi boleh dikatakan, OK lah....
- Medi Prasetia (Math 05), wakil Ketua Departemen Kaderisasi 07/08. Saudara kita yang selalu semangat. Pengalaman beliau juga tidak diragukan. Sepengetahuan kami, akhuna Medi Prasetia telah banyak agenda kaderisasi yang turut disukseskannya sebelum diamanahkan menjadi pengurus. Sangat banyak!
- Selain beberapa ikhwan di atas, kami juga tahu bahwa kaderisasi FSI FMIPA UNAND tidak akan terlepas dari tanggungjawab, arahan, dan bimbingan ketua umum FSI FMIPA UNAND, al akh Rahmat Firdaus. Akhuna Rahmat Firdaus sahabat qur'an kami, sejauh yang kami ketahui selama kami berjuang dan berinteraksi, beliau adalah seorang kader yang memiliki kapasitas ganda dan kapabilitas multiple. Kapasitas beliau terhadap masalah syiar dan kaderisasi tidak diragukan lagi. Dua hal yang terkadang sangat membutuhkan spesialisasi. Namun dengan saudara kita yang satu ini, keduanya klop, OK lah...


Terakhir, kepada seluruh pembaca tulisan ini : "kami sadar bahwa kami adalah manusia biasa, tidak terlalu banyak tahu tentang hakikat segala hal...". Walaupun demikian, berjuta harapan di dada kami kiranya tulisan ini bermanfaat.... Itulah hasil pemikiran, pengamatan, dan analisis kami tentang keistimewaan kaderisasi 07/08. Di luar kemampuan kami menuliskan, ternyata ada beribu keistimewaan lain yang mereka miliki. Jika kemampuan serasa ada lagi maka hanya 8 butir yang sanggup tergores.

Barakallhu fiina ajma'in, Allahu a'lam.




Tidak ada komentar:

8 Tulisan Populer Pekan Ini