SELAMAT DATANG DI SITUS BLOG HADZIHI SABILI - JEHADEMUSA

Rabu, 26 September 2007

Sanggup Khatam Berapa?

Sahabat, kembali Ramadhan menyapa kita dengan sejuta keistimewaannya. Ada keistimewaan tersendiri yang dimiliki bulan ini berupa shiyam, tarawih, dan Al Qur'an. Satu-satunya bulan yang di dalmnya terdapat kewajiban shiyam dan anjuran tarawih adalah bulan Ramadhan. Tidak salah lagi jika bulan ini merupakan api neraka dunia untuk orang-orang yang jauh dari syari'ah. sangat pantaslah jika kita menyebut bulan ini sebagi bulan ancaman dan keresahan bagi para manusia yang sudah sangat familiar dengan kemaksiatan.

Sahabat, tentu kita juga tahu bahwa keistimewaan bulan ini adalah bulan Al Qur'an. Bulan yang di dalamnya pertama kali diturunkan kitab ajaib dan super spesial itu. Bukankah kita sudah mengetahuinya? Namun ada suatu kekhawatiran yang lahir dari benak dan meluap dari dalam dada, sudahkah kita merencanakan sesuatu yang istimewa untuk menyambut bulan istimewa??? (Kita jawab sendiri masing-masing). Sudahkah kita memaksimalkan predikat ramadhan sebagai bulan Al Qur'an. Khatam berapa kali kah???


Sahabat, sungguh luar biasa ketika seorang yang selama ini jauh dengan Al Qur'an tiba-tiba ia mampu khatam 30 Juz Al Qur'an dengan semangat yang membara mengharap pahala dan dengan niat ishlah diri. Tak peduli dengan gelar 'orang bersemangat dadakan' yang disabetnya saat itu juga. Namun sebuah kabar ironis apabila seorang aktifis dakwah hanya mampu mengkhatamkan 30 Juz Al Qur'an selama bulan Ramadhan, tak beda dengan bulan-bulan biasa... Tak sekedar ironis, tapi akan sangat lebih pantas jika ia diberi medali emas berlabel kelalaian jika ia tidak berbeda dengan selain aktifis dakwah... Seharusnya ia tidak hanya khatam 1 kali 30 juz, seharusnya lebih, 2 kali, 3 kali, bahkan lebih dari itu... Ia harus berbeda dengan 'orang bersemangat dadakan'. HARUS BEDA! Bukankah selama ini ia sudah lebih dahulu dan terbiasa akrab dengan Al Qur'an? Bila dibandingkan dengan orang bersemangat mendadak maka perhitungan komparasinya seharusnya nol berbanding tak hingga...


Lalu bagaimana halnya jika cerita itu terjadi pada diri kita dalam Ramadhan kali ini...????????????????????????


1 komentar:

KABAR BUNGO ONLOINE mengatakan...

Kabar dari Kabupaten Bungo ada di KABAR BUNGO ONLINE http://www.kabarbungo.blogspot.com

8 Tulisan Populer Pekan Ini