SELAMAT DATANG DI SITUS BLOG HADZIHI SABILI - JEHADEMUSA

Rabu, 21 Maret 2012

Tesis, suatu gambaran yang masih kaburrr!


Saya sangat tertarik menekuni bidang enzim. InsyaAllah (jika Allah menghendaki), saya akan melakukan penelitian pendidikan kimia yang juga berkaitan dengan enzim. Penelitian skripsi saya (S1 Sains bidang Kimia) sekitar tiga atau empat tahun yang lalu adalah tentang enzim. Saya punya pengalaman setidaknya mempelajari aktivitas dan ekspresi suatu enzim ketika ia diinduksi di dalam sel. Meskipun tidak terlalu ahli, sepertinya bolehlah kalau saya sedikit menganggap diri sendiri sebagai pakar enzim (baca : pakar amatiran), hehe.

Disebabkan oleh penelitian tesis saya adalah tentang pendidikan, maka saya akan fokus pada penelitian tentang pendidikan biokimia enzim. Ilmu tentang enzim diistilahkan dengan sebutan Enzimologi. Dengan model yang akan saya rancang-kembangkan, setiap orang (peserta didik) akan dengan mudah memahami materi pembelajaran enzimologi.

Menurut rancangan awal, saya akan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Tentang detilnya belum terlalu pasti. Mungkin saja saya akan mendekatkannya pada permasalahan praktikum enzimologi, mungkin dari segi desain, dan lain sebagainya. Belum jelas.

Apa yang ada di dalam ‘kepala’ saya, kira-kira seperti kalimat berikut ini: Pengembangan model pembelajaran berbasis masalah pada mata kuliah biokimia enzim, studi kasus materi praktikum uji aktivitas enzim. Entahlah. Saya mungkin saja menghubungannya dengan integrasi media berbasis TIK. Mungkin juga dari sisi lain. So pasti, pembimbing tesis saya akan membuat sesuatunya menjadi lebih tajam, bermakna, bermanfaat, dan memiliki sumbangan yang jelas bagi pengembangan ilmu pendidikan kimia di atas bumi ini. InsyaAllah. Jujur, saya masih bingung. Wallahu a’lam.

*Catatan bingung mahasiswa yang akan sedang menyiapkan proposal tesis magister pendidikan IPA konsentrasi pendidikan kimia.

Tidak ada komentar:

8 Tulisan Populer Pekan Ini