SELAMAT DATANG DI SITUS BLOG HADZIHI SABILI - JEHADEMUSA

Sabtu, 31 Maret 2012

Sebuah Koalisi Yang Sehat


Ketika masih kuliah atau bersekolah dahulu, kita seringkali mengerjakan tugas yang diberikan oleh pengajar dalam bentuk kelompok. Masing-masing individu bahu membahu untuk mengerjakan tugas. Konsep yang sering digunakan adalah kerja sama atau gotong royong. Berlandaskan pada suatu pepatah negeri ini yang menyatakan ringan sama dijinjing berat sama dipikul.
 
Dalam keadaan sedang mengerjakan tugas, katakan saja ada 5 (lima) orang di dalam kelompok. Satu orang berperan sebagai ketua kelompok, ada juga yang menjadi tukang tulis, ada yang tukang sumbang ide dan sebagainya. Meskipun pada praktiknya ada yang membeo dan tidak bekerja sama sekali. Seseorang yang seperti ini hanya ingin berkelompok dengan asas manfaat, yang penting namanya ditulis di dalam laporan tugas kelompok. Disamping itu pada saat yang sama, ada juga yang kontra dengan individu beo, seseorang ini menyumbang ide dan proaktif melakukan kritik bila saja ada kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh anggota kelompok, bahkan termasuk apabila ketua kelompok menjawabnya salah. Biasanya yang aktif mengkritik adalah anggota yang cerdas dan memiliki akal sehat, semangat yang tinggi, kekuatan dan keberanian yang mumpuni.

Kisah di atas adalah hakikat penting dari sebuah koalisi. Di dalam koalisi yang dibangun, tentu tidak harus bermakna sebagai proses membeo terhadap ide sang ketua kelompok. Ada kalanya perlu dihadirkan kritik untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan yang apabila dibiarkan maka dapat berdampak negatif bagi kinerja barisan koalisi. Ini yang sangat sulit diterima dan dipahami oleh sebagian orang. Koalisi yang sehat sama sekali bukan bermakna sebagai kesediaan untuk mengikuti, menerima, dan menjalankan apapun kemauan satu golongan tertentu di dalam koalisi. Koalisi adalah kerja sama dalam hal-hal yang telah disepakati agar semakin kesepakatan itu membuahkan hasil berupa kesuksesan bersama.

Salam cerdas!

Tidak ada komentar:

8 Tulisan Populer Pekan Ini