SELAMAT DATANG DI SITUS BLOG HADZIHI SABILI - JEHADEMUSA

Jumat, 02 Maret 2012

Enzimologi Milik Siapa?

Enzimologi adalah ilmu yang mempelajari tentang enzim. Segala sesuatu yang berhubungan dengan enzim akan dikupas tuntas dalam enzimologi. Baik dari sudut pandang ilmu kimia dan biologi. Bahkan di dalam beberapa literatur riset enzim, ilmu matematika dan fisika juga berperan dalam menjelaskan tentang perilaku enzim.

Sebuah pertanyaan, enzimologi itu milik siapa? Pertanyaan ini diajukan untuk menemukan jawaban pasti apakah enzimologi adalah cabang biologi atau cabang ilmu kimia? Lebih dekat kemana, kimia atau biologi? Saya telah menemukan beberapa tulisan berdasarkan penelusuran via google, beberapa menyebutkan bahwa enzimologi adalah cabang biologi. Saya sebagai seorang yang pernah belajar ilmu kimia, tentu berpikir tidak sepakat atas informasi tersebut. Saya lebih menyetujui bila enzimologi dimasukkan dalam cabang ilmu biokimia. Secara pengertian sederhana, biokimia adalah kajian ilmu kimia di dalam materi hayati. Secara materi dan aktivitasnya, enzimologi lebih dekat dengan kimia. Akan tetapi bila enzimologi dikaji dalam sudut pandang dimana ia berasal dan dimana ia bekerja, mungkin biologi lebih dekat.

Perlu diketahui bahwa enzimologi tidak pernah terlepas dari suatu kata kunci yakni sel.  Kajian tentang sel hanya ada di dalam biologi. Walaupun kajian tentang sel ini secara tajam juga dibahas di dalam ilmu kimia hayati yakni biokimia. Saya berpikir kembali bahwa sebenarnya kajian enzimologi lebih banyak berakar pada masalah materi dan reaksinya sementara kata kunci berupa "sel" hanya merupakan keterangan tempatnya, maka dengan itu saya simpulkan bahwa enzimologi adalah cabang ilmu kimia. Biar lebih adil untuk ‘rakyat’ biologi, kita kelompokkan ia di dalam cabang biokimia.

Nah, sepertinya pertanyaan tadi sedikit banyaknya telah terjawab. Pada bagian terakhir tulisan ini, saya ingin menyampaikan pesan yang lebih penting. Saat ini bukan waktunya lagi untuk memperdebatkan enzimologi milik siapa, cabang ilmu siapa. Yang lebih penting adalah pengembangan enzimologi itu sendiri dan pemanfaatannya di dalam kehidupan manusia. Salam enzimologi!!!

Tidak ada komentar:

8 Tulisan Populer Pekan Ini