SELAMAT DATANG DI SITUS BLOG HADZIHI SABILI - JEHADEMUSA

Selasa, 17 Mei 2016

Diskusi: Bagaimana Cara Mudah Mempelajari Irama Murattal ?

Beberapa waktu yang lalu, sebuah surat elektronik (surel) atau email mendarat, tetapi terlampat saya respon. Bertanya tentang Alquran, khususnya irama murattal khas beberapa syaikh dari timur tengah. Mari simak pertanyaan dan jawabannya di bawah ini.

+++++

Assalamu'alaikum Akhi Jul

Salam kenal,

Perkenalkan nama saya Riyal dari Pekanbaru, Riau. Beberapa waktu lalu, saya googling di internet dan menemukan tulisan Akhi tentang murratal mana yang anda sukai. 

Saya pun mencoba murattal Syaikh Misya’ari Rasyid Al-Afasy, yang juga menjadi favorit Akhi. Subhanallah, sangat merdu sekali dan beberapa kali membuat saya menangis. Sesuatu yang tidak saya temukan di beberapa murattal lain yang juga tidak kalah indahnya.

Terus terang, saya baru satu bulan terakhir ini mencoba belajar sendiri soal murattal dan sangat ingin sekali mempelajari murattal Syaikh Misya’ari Rasyid Al-Afasy.  Namun saya mengalami kesulitan untuk menirunya.

Harapan saya kiranya Akhi Jul bisa memberikan saya saran dan kiat bagaimana cara untuk bisa mempelajari murattal Syaikh Misya’ari Rasyid Al-Afasy.

Atas bimbingannya, saya ucapkan terima kasih.
Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Riyal

+++++

Wa'alaikumussalam,

Mohon maaf email ini terlewat untuk dibalas.

Adapun tipsnya adalah dengan cara menjadikan murattal Syaikh Misya’ari Rasyid Al-Afasy sebagai "musik" kita sehari-harinya. Insyaallah irama tersebut akan mudah terserap oleh ingatan kita.

Misalnya anda hafal surat As Sajadah, lalu putar murattalnya Syaikh Misya’ari Rasyid Al-Afasy sampai rbuan kali. Insyaallah iramanya akan membekas di ingatan anda.

Ketika ingin mempelajari irama murattal, cara yang paling mudah adalah dengan cara mempraktikkannya pada hafalan yang sudah kita punya sebelumnya. Ini akan membuat irama akan lebih membekas di ingatan.

Demikianlah cara mudah mempelajari murattal menurut pengalaman pribadi saya.

Wallahu a’lam.

Terima kasih atas pertanyaannya.

Wassalamu'alaikum,

JHD Musa

Tidak ada komentar:

8 Tulisan Populer Pekan Ini