SELAMAT DATANG DI SITUS BLOG HADZIHI SABILI - JEHADEMUSA

Sabtu, 28 Mei 2016

Mengapa Masjid Semakin Sepi?


Ini adalah suatu diskusi di pagi hari mengapa masjid kita semakin sepi. Jawabannya adalah masjid sudah tidak menarik lagi bagi umat di zaman ini.

Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara agar masjid menjadi menarik bagi umat? Berikut ulasan saya sebagai ringkasan diskusi kita pagi ini.

Jadikan masjid sebagai tempat berkomunikasi dengan baik sesama umat, menyampaikan hajat hidupnya, semisal Facebook atau Twitter yang selalu ramai, selayaknya masjid juga perlu menyediakan sudut-sudut untuk curhat mengenai segala masalah kehidupan. Orang butuh tempat curhat untuk menyelesaikan masalah hidupnya. Terkadang melalui curhat, orang-orang akan menemui solusinya. Misalnya masjid memberikan bantuan atau pinjaman uang bagi jamaah yang sedang kesusahan. Dana masjid kan banyak, silakan saja dicairkan untuk membantu, jangan malah ditabung terus dengan alasan takut disalah gunakan. Membantu orang lemah, minta mereka datang menjemputnya ke masjid. Curhatkan kepada Allah dan curhatkan juga permasalahan finansial anda kepada pengurus masjid dan jamaah masjid lain yang terpercaya.

Jadikan masjid sebagai tempat hiburan bagi umat. Jika konser-konser artis bersuara indah selalu ramai maka seharusnya masjid juga perlu berbenah. Pastikan imam masjid yang mengimami shalat lima waktu adalah orang yang benar-benar fasih dan indah bacaan Al Qurannya. Jangan jadikan masjid sebagai tempat menggerutu bagi banyak orang lantaran sang imam yang berbacaan mengerikan, alangkah buruknya perwajahan masjid jika imamnya saja baru bisa alif ba ta tsa. Sudah saatnya masjid menerapkan manajemen profesional. Tidak apa mengupah imam masjid selagi itu untuk kebaikan. Jangan tanggung-tanggung jika terpaksa mengupah imam, pilihlah imam yang bisa menjadi teladan dan memiliki hafalan Al Quran 30 juz.

Jadikan juga masjid sebagai sarana bermain. Inilah salah satu langkah bagus untuk membuat masjid semakin menarik. Di sekitar masjid sediakan fasilitas olahraga yang lengkap, tetapi dengan catatan: WAJIB Shalat Berjamaah bagi yang mau menggunakan fasilitas olahraga tersebut. Atau bagi anak-anak, silakan saja buat ruangan khusus untuk bermain Play Station, tetapi jika ada adzan maka seluruh pengguna fasilitas harus shalat berjamaah di masjid.

Sebenarnya banyak cara kreatif untuk menarik orang untuk ke masjid. Zaman ini mungkin tidak relevan lagi menggunakan cara-cara konservatif dalam menarik minat orang untuk ke masjid. Ayolah saudaraku, jadikanlah masjid semakin menarik agar umat menyenangi masjid dan lebih dekat lagi.

Mengapa masjid semakin sepi? Jangan salahkan umat tetapi "salahkan saja" pemakmur masjid yang tidak sanggup membuat masjid diminati umat.






Tidak ada komentar:

8 Tulisan Populer Pekan Ini