SELAMAT DATANG DI SITUS BLOG HADZIHI SABILI - JEHADEMUSA

Senin, 31 Desember 2012

Spiritual Management System: ISO 00001

Jika ada ISO 9001 tentang Quality Management System, ISO 14001 tentang Environmental Management System, ISO 50001 tentang Energy Management System, ISO 26000 tentang Social Responsibility, atau ISO 22000 tentang Food Safety Management System, dan jenis-jenis ISO lain, maka saya mengusulkan agar ada satu jenis ISO yang perlu dijadikan pertimbangan bagi para "pelanggan" jasa atau produk yakni ISO 00001 tentang "Spiritual Management System". ISO ini bertujuan agar sebuah badan usaha baik berupa jasa atau produk dapat memperhatikan masalah spiritual. Ini harus menjadi standar internasional dan perancangannya akan diserahkan kepada tim pakar untuk menyusun beberapa persyaratan standar di dalamnya.

Badan usaha yang meraih sertifikat ISO 00001 dapat dipandang sebagai badan usaha yang  mampu mengelola urusan sprititual secara sistematis terhadap seluruh unsur yang terlibat di dalam aktivitas badan usaha tersebut. Ini akan berimplikasi pada sebuah standar nilai yang tinggi bahkan menjadi jaminan utama bagi ISO-ISO yang lain. Segala hal yang mencakup urusan "spiritual", salah satunya kejujuran, akan menjadi kriteria penting di dalam ISO ini. Selain kejujuran, kepedulian, ketaatan, dan nilai-nilai karakter positif lain terkelola dengan baik oleh badan usaha tersebut. Penjelasan lebih lanjut tentang "ide" ini, dapat dibahas lebih detil pada kesempatan yang lain. Semoga Allah memberikan kita kesempatan.

Terlihat sebagai sebuah mimpi belaka, namun mudah-mudahan suatu saat kelak ISO 00001 dapat diwujudkan dan menjadi tren baru di dalam dunia bisnis. Ayo, let's work for ISO 00001.

---Catatan Serius---

Tidak ada komentar:

8 Tulisan Populer Pekan Ini