SELAMAT DATANG DI SITUS BLOG HADZIHI SABILI - JEHADEMUSA

Selasa, 11 Desember 2012

Eh, Launching Lagi (Tahsin-Tahfizh)



InsyaAllah mulai (lagi) mengadakan daurah Tahsin/Tahfizh Al-Qur’an di masjid Al Jihad, komplek PT. Lontar Papyrus/PT. WKS Tebing Tinggi Jambi. Ini mungkin ‘launching’ daurah Al-Qur’an yang kesekian kalinya di dalam perjalanan saya berinteraksi dengan para sahabat pencinta Al-Qur’an. Biasanya beberapa bulan setelah programnya diluncurkan, satu per satu akan mundur tanpa berita alias muntaber, alasan inilah alasan itulah, semua sibuk logis, seakan tidak ada lagi waktu yang disediakan khusus untuk mengistimewakan Al Qur’an di hati. Namun sebenarnya yang perlu mengoreksi dirinya adalah Instruktur daurahnya. Jangan-jangan peserta daurah tidak semangat lagi belajar Al Qur’an lantaran ketidakcukupan bekal dari Instrukturnya, baik bekal teknis maupun bekal non teknis/ruhiyah. (Nah, ini nih jawaban sebenarnya mengapa banyak yang “muntaber”).

Pada setiap Selasa malam, saya dan bro Arsyi (Karyawan PT. WKS, lulusan Teknologi Hasil Hutan UGM) akan berupaya menjadi Instruktur yang baik dalam daurah kali ini. Tujuan pembelajarannya adalah atas izin Allah setiap peserta mampu menguasai teori dan praktik makharijul huruf Al Qur’an dan terhindar dari kesalahan-kesalahan yang umumnya terjadi. Selain itu daurah ini akan mengupas sekilas ‘kiat-kiat’ menghafal Al-Qur’an, meskipun pada hakikatnya tidak ada kiat khusus untuk sukses menjadi penghafal Al-Qur’an kecuali dengan menghafalnya, ya, menghafalnya! Semakin sering minta tips dan kiat, malah akan semakin mengundang banyak alasan untuk tidak semangat lagi menghafal Al-Qur’an. (Alasannya, belum dapat kiat sih, boro-boro menghafal, kiatnya aja belum dapet semua nehhh).

Akhirulkalam, semoga kebaikan yang telah diniatkan ini mendapat jawaban dari Allah, ampunan atas dosa-dosa di masa lalu. Semoga Allah melimpahkan keridhaanNya bagi setiap hamba yang komitmen berinteraksi full dengan Al Qur’an, dimasukkan ke dalam jannah dan dikumpulkan ke dalamnya bersama manusia-manusia terbaik dari segala penjuru dunia dan penjuru waktu. Semoga kita semua tergolong ke dalam hamba yang diridhai-Nya itu. Amin ya Rabbal ‘alamin.

Tidak ada komentar:

8 Tulisan Populer Pekan Ini