SELAMAT DATANG DI SITUS BLOG HADZIHI SABILI - JEHADEMUSA

Selasa, 01 Januari 2013

2007 - 2012 = 654321

Sudah 6 periode dalam hitungan tahun saya menulis di blog sederhana ini, sejak Mei 2007 - hingga Desember 2012 (2007 - 2012). Seperti terlihat pada gambar di samping. Arsip tulisan tahun 2007 adalah yang tertinggi sedangkan arsip tahun 2011 adalah yang terendah. Dengan kata lain, produktivitas menulis pada tahun 2007 sangat tinggi sedangkan di tahun 2011 adalah yang paling rendah.

Jika dijumlahkan secara keseluruhan, jumlah postingan (tulisan yang saya terbitkan/publikasikan) di blog ini telah berjumlah 543 postingan. Angkanya unik ya?! 543 itu adalah postingan selama 6 periode tahun, jumahnya 543 lho!!! Lebih oke lagi bila digabung menjadi 6-543-21. Nah, angka 21 itu dari mana lagi? Itu adalah simbol perjuangan abad 21, hehe... (dipas-paskan saja ya, alias dipaksain). Maka tidak salah jika saya membuat tulisan ini berjudul: 2007 - 2012 = 654321.

Lalu saya iseng saja mengubah data di atas ke dalam bentuk grafik seperti tambah dalam gambar di bawah ini.

Jika boleh melakukan analisis sederhana, tahun 2007 hingga tahun 2011 adalah penurunan produktivitas menulis secara signifikan. Akan tetapi setelah sampai pada tahun 2011, ternyata grafiknya berbalik meningkat secara tajam. Bisa saja disebut bahwa tahun 2011 adalah fase istirahat. Yah, setiap manusia ada fase istirahatnya. Itu untuk mengumpulkan energi dalam memaksimalkan upaya perjuangan selanjutnya. Sip?!!!


Tahun 2007 adalah tahun awal saya mulai ngeblog (Jangan dibaca nge-goblog ya?!). Itu tahun penuh semangat, maklum saja masih baru, belum menemui kondisi bosan. Kemudian secara berangsur menurun, artinya sudah mulai bertemu bosan. Tahun 2008 adalah tahun sibuk mempersiapkan gelar sarjana. Tahun 2009 dan 2010 adalah masa awal bekerja menjadi buruh pabrik (karyawan industri pulp dan kertas). Tahun 2011 adalah tahun kesedihan (tentang ini cukuplah saya sendiri yang mengetahuinya lebih detil). 2011 adalah titik balik dalam hidup saya, insyaAllah kelak kalau saya sudah menjadi orang sukses, saya akan bercerita mengapa tahun ini sebagai tahun titik balik. Barulah tahun 2012 saya mulai bersemangat kembali dalam menulis, itu adalah tahun perkuliahan di pascasarjana. Banyak inspirasi yang tertuang dalam bentuk tulisan karenanya. InsyaAllah, saya komitmen bahwa ke depannya akan lebih memaksimalkan menulis di blog ini. Semoga 2013 menjadi tahun kejayaan bagi saya pribadi khususnya dan kejayaan umat pada umumnya. InsyaAllah.

Akhirul kalam, marilah kita bersemangat untuk menulis. Menulislah niscaya engkau (pasti) punya tulisan, hehe... :-)



Tidak ada komentar:

8 Tulisan Populer Pekan Ini