SELAMAT DATANG DI SITUS BLOG HADZIHI SABILI - JEHADEMUSA

Kamis, 21 Juni 2007

MATERI PELATIHAN KADERISASI (2)

Bismillahirrahmanirrahim...

(2)

B. Materi Pelatihan dan Tujuan Instruksionalnya

Berdasarkan pengalaman penulis selama kurang dari 3 tahun (sejak aktif sebagai anggota di FSI FMIPA UNAND), materi-materi dari setiaop pelatihan yang telah disebutkan sebelumnya adalah sebagai berikut :

Materi ISTANA (Islamic Training in Nature)

1. Ma'rifatullah, Ma'rifatul Islam, Ma'rifaturrasul, Ma'rifatul Insan

Pada bagian ini penulis menjelaskan secara terpadu ke empat materi di atas. Materi ini merupakan materi yang sangat mendasar dalam Islam.
Ma'rifatullah merupakan materi yang mengajak setiap peserta ISTANA untuk mengenal keberadaan Allah dengan segala sifat-sifatnya yang maha agung.
Ma'rifatul Islam adalah materi tentang pengenalan Islam. Setiap peserta ISTANA diharapkan memiliki keyakinan yang kuat akan kedahsyatan ajaran Islam, mengenal karakteristik ajaran Islam, ruang lingkup, dan lain sebagainya. Dengan kata lain, materi ini dapat dikatakan sebagai materi tentang DINUL ISLAM.
Ma'rifaturrasul adalah materi yang mengajak setiap peserta ISTANA untuk mengenal Muhammad SAW lebih dekat. Peserta mengagumi sifat-sifat mulia beliau dan memiliki motivasi yang kuat untuk meneladani beliau. Setelah memperoleh materi ini, setiap peserta ISTANA menjadikan Rasulullah SAW sebagai uswah dan qudwah yang pertama dan utama dalam menjalani hidup dan kehidupan.
Ma'rifatul Insan...Penulis lebih cenderung menyebutnya dengan materi tentang KONSEP DIRI SEORANG MANUSIA. Materi ini berisi tentang pengenalan tentang hakikat seorang manusia sebagai seorang hamba yang beribadah kepada Allah sekaligus juga sebagai khalifah di muka bumi. Di dalam materi ini diperkenalkan tentang 3 (tiga) aspek pembentuk diri yaitu aspek ruhiyah (jiwa), aspek fikriyah (pemikiran), dan aspek jasadiyah (badan).

Tujuan yang paling mendasar dari 4 (empat) materi di atas adalah setiap peserta memiliki pemahaman tentang Islam yang totalitas (utuh dan menyeluruh) yang ditopang oleh aqidah (keyakinan) yang kuat...

2. Gazhwul Fikriy

Materi ini umunya merupakan materi yang asing bagi setiap peserta ISTANA (berdasarkan hasil pre test peserta). Kebanyakan peserta tidak pernah memperoleh materi ini. Ghazwul fikriy berarti perang pemikiran. Materi ini memiliki tujuan agar peserta :
- Memahami defenisi ghazwhul fikriy
- Memahami latar belakang (sejarah) dan tujuan ghazwul fikriy
- Mampu bersikap preventif terhadap ghazwul fikriy dan memiliki keinginan yang kuat untuk menjadi problem solver atas permasalahan ghazwul fikriy...

3. Peranan Pemuda

Setelah memperoleh materi ini, setiap peserta ISTANA diharapkan menyadari bahwa dirinya adalah bagian dari pemuda (baca : pemuda ISLAM) yang memiliki peranan penting dalam upaya mencapai sebuah kemenangan dan kejayaan, khususnya MASA DEPAN ISLAM. Materi ini mengajak setiap peserta agar bertindak sebagai pemuda islam intelektual yang memiliki kontribusi atau andil bagi perkembangan dan kemajuan ISLAM, saat ini dan masa yang akan datang.

4. Ukhuwah Islamiyah

Ukhuwah Islamiyah adalah istilah yang tidak asing bagi kita. Ukhuwah Islamiyah berarti persaudaraan Islam. Setelah mengikuti materi ini, peserta ISTANA mampu :
- Memahami dengan kesadaran yang tinggi bahwa salah satu faktor yang diperlukan untuk mewujudkan kejayaan ISLAM adalah dengan cara mengaplikasikan nilai-nilai ukhuwah Islamiyah
- Memahami prinsip dasar Ukhuwah Islamiyah yaitu persaudaraan sesama muslim adalah persaudaraan yang dinaungi oleh kalimat syahadatain ( 2 kalimat syahadat). Persaudaraan sesama muslim tidak terbatas hanya untuk yang sebangsa, se wilayah, apalagi persaudaraan se suku atau adat istiadat. Persaudaraan islam adalah persaudaraan yang melewati batas-batas wilayah, ikatan sosial budaya maupun ekonomi. Intinya : Siapapun yang mengucapkan 2 kalimat syahadat adalah muslim yang wajib dipersaudarakan, dimanapun dia berada dan sampai kapanpun...

3. Urgensi Tarbiyah Islamiyah

MATERI INI MATERI PAMUNGKAS...

Jelas, materi ini adalah materi inti dari ISTANA. Mengapa?
Jika ISTANA hanya 2-3 hari maka tarbiyah islamiyah seumur hidup
Jika ISTANA hanya materi ini dan itu saja maka tarbiyah islamiyah adalah materi apa saja...

singkatnya, tarbiyah islamiyah adalah awal dari segala-galanya...

Setelah memperoleh materi ini, peserta ISTANA :
- memahami pengertian, latar belakang, tujuan, dan karakteristik tarbiyah islamiyah
- memiliki motivasi untuk belajar ISLAM secara rutin dan berkesinambungan...

Hal yang paling penting adalah setiap peserta setalah mengikuti ISTANA memiliki kelompok mini studi islam yang sering disebut dengan istilah LIQA'At, HALAQAH, SIE (Small Islamic Environment), KISS (Kajian Islam Seminggu Sekali), SaintistGroup (Small Islamic Scientific Study Group), acara mingguan, 'ngaji pekanan, dan sekarung atau segudang nama-nama keren yang lain. Di dalam kelompok mini tersebut akan ada murabbi (orang yang mentarbiyah) dan mutarabbi (orang-orang yang ditarbiyah).

MATERI PELATIHAN KADERISASI (1)
MATERI PELATIHAN KADERISASI (3)

Tidak ada komentar:

8 Tulisan Populer Pekan Ini