SELAMAT DATANG DI SITUS BLOG HADZIHI SABILI - JEHADEMUSA

Kamis, 07 Juni 2007

PEDOMAN PENGURUS DEPARTEMEN KADERISASI (3)

BACA DULU TULISAN SEBELUMNYA TENTANG KADERISASI (Bwannyak lagi lo...)

BAB III. AGENDA RAPAT 'MARATON' PRA RAKER

Ujian dari Allah 'azza wa jalla, telah terpilih perangkat Departemen Kaderisasi FSI FMIPA UNAND Periode 07/08 sebagai berikut :

DPP FSI FMIPA (KHUSUS DEPARTEMEN KADERISASI)
Oza Sriyuni (Biologi 03)

PIMPINAN DEPARTEMEN :
Iwan Apriono (Fisika 05) sebagai Ketua Departemen
Medi Prasetia (Matematika 05) sebagai Wakil Ketua departemen/Sekretaris Departemen
Rahimullaily (Matematika 04) sebagai Koordinator Akhwat Departemen
Rosnida (Fisika 05) sebagai Bendahara Departemen

STAF DEPARTEMEN :
1. Devliyingki Jesrawan (Farmasi 06)
2. Husni Mubarok Pulungan (Biologi 06)
3. Novi Taufik (Kimia 06)
4. Lira Silkarta (Farmasi 05)
5. Septi Hayurnita (Biologi 04)

Catatan :
- Perumusan visi, misi, dan slogan departemen lihat contoh yang sudah ada (Tahun lalu)
- Penyusunan program kerja, lihat LPJ Departemen Kaderisasi periode 06/07

Usulan ana tentang program tahun ini :

1. Program kerja yang lama (periode 06/07) agar tetap dipertahankan, manajemennya lebih ditingkatkan lagi, mekanisme pelaksanaannya perlu di'percantik' lagi...

2. Bila mau 'nambah program, ana ada usul sbb :

- Program "KAJIAN RUTIN PENGURUS KADERISASI". Mengingat departemen kaderisasi adalah satu2nya departemen unik (memiliki 'ilmu' tersendiri), perlu adanya pembinaan rutin terhadap pengurus2 yang terlibat di dalam 'kaderisasi'. Ilmu tentang kaderisasi tidak sedikit, so...sebenarnya menjadi pengurus kaderisasi harus memahami tentang ilmu kaderisasi! Contoh : manhaj kaderisasi meliputi : alur dan tahapan kaderisasi ADK UNAND (minimal khusus ADK FMIPA), konsep kaderisasi terpadu antar lembaga di FMIPA, kurikulum kaderisasi, "triple area kaderisasi", dll. Jadi, program ini insya Allah dapat memenuhi kebutuhan pengurus tentang ilmu2 kaderisasi. Bentuk program : berbentuk forum diskusi bulanan yang dipandu oleh para alumni kaderisasi atau 'senior2' pemerhati dakwah kaderisasi fakultas...

- Program "PELATIHAN INSTRUKTUR KADERISASI". Program ini bertujuan untuk mencetak instruktur2 kaderisasi yang handal di FMIPA berbasih tsaqofah tentang kaderisasi. Program ini pada intinya meningkatkan kepercayaan diri setiap ADK untuk mampu menjadi instruktur. 'PD' yang diiringi oleh kepahamannya tentang urgensi kaderisasi, keutamaan, dan manfaatnya bagi jama'ah dakwah. Peserta program ini sebaiknya dibatasi (khusus alumni lamda2 atau yang setara atau rekomendasi dari 'DPP'). Materi pelatihan (usulan ana) : PENGANTAR KADERISASI : URGENSI DAN KEUTAMAAN KADERISASI, MENGENAL DUNIA PELATIHAN DAN INSTRUKTUR, ANALISIS SWOT & MANAJEMEN STRATEGIK, KOMUNIKASI EFEKTIF INSTRUKTUR, REVIEW MATERI ISTANA & LAMDA1 (scanning), MANHAJ KADERISASI FMIPA UNAND, dsb

Sumber buku rujukan : Sistem Kaderisasi dalam Sirah Nabawiyah, Risalah Pergerakan Pemuda Islam, Amal Jama'iy, Manajemen Organisasi & Manajemen Stratejik, dll

- Program "PEMBUATAN BUKU PEMANTAUAN HALAQOH FOLLOW-UP ISTANA". Sebelum menuju halaqoh yang 'sebenarnya', alumni peserta ISTANA harus mengikuti follow-up (masa tramsisi menuju LQ). Pemantauan follow-up ini dilakukan oleh Departemen Kaderisasi berkoordinasi dengan murabbi follow-up. Untuk memudahkannya, perlu dibuat sebuah buku pemantauan aktifitas. Format buku tersebut menyerupai buku halaqoh mingguan yang bertujuan untuk mendokumentasikan kegiatan tarbiyah, pemantauan amalan yaumiah, dan pencatatan hal2 penting yang berhubungan dengan tarbiyah. Buku ini diterbitkan oleh Departemen Kaderisasi FSI FMIPA UA, dibagikan kepada setiap murabbi follow-up ISTANA.

- Program "TEMU KADER FMIPA (TEKAD)". Program ini sebagai sarana silaturrahim kader dakwah FMIPA. Selain itu, program ini juga berfungsi dalam meng'install' ulang semangat juang setiap ADK FMIPA, penyatuan tekad adalah kemestian, ruh baru harus selalu hadir dalam setiap agenda TEKAD. Program ini harus dikoordinasikan dengan 'DPP' atau senior2 pemerhati dakwah kaderisasi fakultas.

- Program "EKSTRIM (Eksplorasi dan Traveling Muslim)". Program ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan jasadiyah kader dakwah FMIPA. Dalam pelaksanaannya, Departemen Kaderisasi dianjurkan bekerjasama dengan Departemen SIMBA (Syiar, Minat, dan Bakat) "dan lain sebagainya".

3. Sebaiknya setiap program memiliki parameter keberhasilan baik secara kualitatif maupun secara kuantitatif. Yang dimaksud dengan parameter kualitatif adalah keberhasilan yang tidak terukur misalnya : meningkatnya pemahaman kader, bertambahnya kemampuan managerial, dsb., sedangkan parameter kuantitatif adalah keberhasilan yang terukur misalnya : jumlah peserta sesuai target awal, persentase antusiasme, dsb.

4. Demi menunjukkan profesionalisme dan semangat baru di tubuh departemen kaderisasi, diperbolehkan kepada seluruh ikhwan/akhwat untuk mengubah nama-nama program yang terdahulu menjadi nama-nama yang lebih kreatif, ilmiah, inovatif, dan sensasional tanpa mengurangi nilai dan makna program tersebut. Contoh : nama LAMDA 1 diubah menjadi...(....)

5. Spesial untuk program ISTANA, usahakan diadakah minimal sebanyak 3 kali dalam setiap tahun. Agar lebih sensasional dan tidak menimbulkan kebosanan, program ISTANA 2 harus diganti dengan nama yang lain (KURIKULUM TETAP SAMA!!!), program ISTANA 3 juga demikian (nama yang lebih BEDA, Kurikulum tetap sama dengan ISTANA)


Demikian PEDOMAN PENGURUS ini dibuat, semoga bermanfaat. Kepada seluruh saudara-saudariku, pejuang dakwah kaderisasi FSI FMIPA UNAND. Ingat, kita adalah orang-orang yang terpilih!!! Salam jihad penuh cahaya untuk antum/antunna. SELAMAT BERJUANG wahai saudara...Berjuang ikhlas karena Allah adalah seutama-utamanya perjuangan.

Ikhwatiy, laa tahzan wa laa takhaf innallaha ma'ana...WALLAHU AKBAR...!!!



Padang, 7 Juni 2007


JUL HASRATMAN DAELI

Tidak ada komentar:

8 Tulisan Populer Pekan Ini