SELAMAT DATANG DI SITUS BLOG HADZIHI SABILI - JEHADEMUSA

Sabtu, 16 Juni 2007

"ITSAR" Kata Mungil, Luar Biasa

Saudaraku, satu kata yang tidak asing lagi bagi kita, itsar. Kata ini melingkupi makna ikatan cinta yang sangat tinggi. Apabila seseorang mendahulukan kepentingan saudaranya atas dirinya sendiri dalam segala sesuatu yang ia cintai maka sesungguhnya dia telah berbuat itsar. Inilah sehebat-hebatnya jalinan persaudaraan islam (ukhuwah islamiyah). Bagaimana dengan kita???

Kisah itsar telah diabadikan Allah di dalam Al Qur’an. Allah berfirman: “Orang-orang yang telah menempati kota Madinah, dan telah beriman (Anshar) sebselum (kedatangan) mereka (Muhajirin), mereka mencintai orang yang berhijrah kepada mereka. Dan mereka tiada menaruh keinginan dalam hati mereka terhadap apa-apa yang diberikan kepada mereka (orang Muhajirin) atas diri mereka sendiri. Sekalipun mereka memerlukan (apa yang mereka berikan itu). Dan siapa yang dipelihara dari kekikiran dirinya, meraka itulah orang-orang yang beruntung. (Al Hasyr : 9). Inilah kisah Al- Qur’an tentang itsar para sahabat Rasulullah SAW.

Saudaraku, sebenarnya apa lagi yang kita cari di dunia ini selain keridhaanNya. Jika nurani kita berkata : saya mencari ridha Allah, tentu saja keridhaannya dapat kita peroleh dengan optimalisasi kecintaan kita kepada saudara. Hal ini sekaligus sebagai perwujudan nilai ukhuwah…
Ingat tingkatan ukhuwah yang paling tinggi adalah itsar…

Saudara seiman, Jika saat ini kita telah dipilih Allah untuk menjadi pejuang demi kejayaan Islam maka perlu menjadi perhatian kita bersama bahwa addin yang kita perjuangkan adalah addin yang menginginkan agar cinta dan persaudaraan di antara manusia seluruhnya dapat teroptimalisasi dengan baik. Optimalisasi ini diharapkan menumbuhsuburkan itsar...sebagaimana para shahabat mencapai kejayaan pada masanya akibat 'itsar', kata mungil yang luar biasa.

Saudaraku…Jika jama’ah ini memiliki arkan yang 10, maka camkanlah bahwa ukhuwah menempati posisi penting di antara 9 rukun yang lainnya. Semoga bermanfaat…

Tidak ada komentar:

8 Tulisan Populer Pekan Ini