SELAMAT DATANG DI SITUS BLOG HADZIHI SABILI - JEHADEMUSA

Senin, 11 Februari 2013

Menanggulangi Polusi Udara Demi Kesehatan Lingkungan (Bahan Presentasi)


Pendahuluan
Udara bersih sangat penting bagi manusia. Cita-cita mewujudkan Indonesia Sehat 2010 dimulai dari pembangunan kesehatan masyarakat Indonesia.
Karya tulis ini berkisar tentang penanggulangan polusi udara yang disertai dengan uraian singkat mengenai polusi udara. Ditulis agar pembaca mengetahui tentang polusi udara, sebab dan akibatnya bagi kesehatan sehingga dapat bertindak dalam menanggulangi polusi udara.
Tinjauan Mengenai Polusi Udara Pengertian Penyebab
Polusi udara merupakan pencemaran terhadap udara dengan meningkatnya kandungan zat pencemar (polutan) di dalam suatu media, melebihi batas maksimum yang dapat diterima lingkungan.
Penyebab dan bahaya polusi udara bagi kesehatan yaitu:
1. Bahan pencemar fisik, misalnya asap kendaraan bermotor dan asap rokok. Asap kendaraan bermotor dan asap pabrik mengandung bahan kimia berbahaya seperti CO, Oksida Nitrogen, Oksida Sulfur, dll.
2. Bahan pencemar kimia, misalnya pembusukan bahan kimia organik menghasilkan H2S yang dapat bersifat racun dalam kadar yang tinggi.
3. Bahan pencemar biologi, misalnya virus influenza yang berada di udara dapat menimbulkan penyakit flu apabila terhirup bersama udara.
Penanggulangan Polusi Udara
1. Penanggulangan Asap Kendaraan Bermotor
Dilakukan dengan menggunakan bahan bakar yang sedikit mungkin mengotori udara (contoh LPG), melakukan razia terhadap kendaraan bermotor yang tidak layak jalan (kadar emisinya di luar batas), membangun, memperbaiki, serta memperlebar jalan raya agar kemacetan lalu lintas tidak ada.
2. Penanggulangan Asap Rokok
Cara paling tepat dan paling utama yaitu dengan adanya kesadaran setiap perokok untuk berhenti merokok. Kesadaran ini dapat dimunculkan dari luar dan dari dalam diri perokok. Paling efektif jika kesadaran itu dari dalam diri perokok.
3. Penanggulangan Asap Pabrik
Melakukan pengolahan asap yang mengandung udara kotor dan debu sebelum dibuang ke udara bebas melalui cerobong asap pabrik.
4. Gerakan Penghijauan Lingkungan
Melakukan penanaman tumbuh-tumbuhan seperti menanam pohon di lingkungan sekitar kita. Gerakan penghijauan lingkungan akan berhasil apabila ada hubungan kerja sama antara pihak masyarakat dan pihak pemerintah.
Hambatan-Hambatan dalam Menanggulangi Polusi Udara dan Usaha Mengatasinya
1. Hambatan dari Pihak Masyarakat
Kurangnya kesadaran tentang bahaya polusi udara bagi kesehatan, misalnya masyarakat sering merusak pepohonan yang sengaja ditanami untuk penghijauan lingkungan. Cara mengatasinya adalah dengan memberikan penyuluhan dan pendidikan lingkungan kepada masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung.
2. Hambatan dari Pihak Industri
Kurangnya tenaga ahli dalam melakukan pengolahan limbah pabrik berupa asap pabrik. Cara mengatasinya dengan memajukan pendidikan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK).
3. Hambatan dari Pihak Pemerintah
Kurangnya ketentuan hukum yang tegas dalam usaha menanggulangi polusi udara. Pemerintah hendaknya membuat suatu peraturan tentang polusi udara serta adanya sanksi atas pelanggaran peraturan tersebut.
Kesimpulan
Polusi udara sangat berbahaya bagi kesehatan masyarakat Indonesia, merupakan salah satu faktor penghambat dalam mewujudkan Indonesia Sehat 2010. Cara pertama dalam menanggulangi polusi udara adalah dengan meningkatkan pemahaman tentang polusi udara dan bahayanya bagi kesehatan manusia. Agar penanggulangan polusi udara berhasil, diperlukan kerja sama antara masyarakat, pihak industri, dan pemerintah.
*) Outline Presentasi Karya Tulis Jul Hasratman D. Musa, Juara I Lomba Karya Tulis Ilmiah Kesehatan Tingkat SLTA se-Provinsi Sumatera Utara, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara, Medan 4 Mei 2002

Tidak ada komentar:

8 Tulisan Populer Pekan Ini