SELAMAT DATANG DI SITUS BLOG HADZIHI SABILI - JEHADEMUSA

Kamis, 07 Februari 2013

Stop Press! Berbagi Makna dan Penggunaan Istilah


Atas kebaikan dua sahabat saya (satu sahabat seangkatan dan satu lagi sahabat senior): Pak Aadrean, M.Si. dan Pak Yori Yuliandra, M.Farm., Apt. (keduanya dosen Universitas Andalas Padang), akhirnya saya sedikit lebih mengerti makna dan penggunaan paduan kata “STOP” dan “PRESS” di dalam bahasa Inggris yakni “Stop Press”. Semoga Allah membalasi kebaikan itu. Amin.

Awalnya saya mengintip diskusi antara Pak Aad dan Pak Yori di dinding facebook. Ternyata kedua intelektual ini sedang membahas makna dan penggunaan istilah ‘Stop Press’. Karena tertarik dan ingin memperolehnya, saya membuka google. Ya, akhirnya dapat. Stop press! adalah salah satu ungkapan yang artinya “tunggu sebentar, perhatikanlah ini”. Biasanya digunakan untuk memulai kalimat informasi penting. Untuk lebih jelasnya, mari simak percakapan di dinding facebook antara Pak Aad dan Pak Yori.

Pak Aad: Da, mohon bantuannya. Ad sedang menerjemahkan sebuah halaman di website. Ado istilah yang padanannyo di bahaso Indonesia masih binguang. "Stop Press!", apo tu Da?

Pak Yori: apa maksud "stop press", gitu? maksudnya dalam bahasa indonesia kan?

Pak Aad: iyo da

Pak Yori: apa ya...? *thinking* mgkin "berhenti menekan" ehehh..., maksudnya tunggu dulu, jangan terburu-buru. *Seemingly

Pak Aad: iko kalimat lengkapnyo: Stop Press! Otter training workshop in Bogor, Java 4-10 March 2013

Pak Aad: Hasil searching, definisi stop press adalah:
"late news that is inserted into the newspaper at the last minute"

Pak Aad: Sekarang padanan kata terjemahan ka bahasa nyo lai.

Pak Yori: ya, that makes sense... 
"Sebentar... ada workshop di Bogor bla bla..

+++

Sepertinya tidak masalah bagi para pembaca untuk menangkap arti dan makna stop press di atas meskipun sedikit bercampur dengan bahasa Minang. Sebab bahasa Indonesianya sangat dominan digunakan antara Pak Aad dan Pak Yori dalam percakapan tertulis di atas.

Tidak ada komentar:

8 Tulisan Populer Pekan Ini