SELAMAT DATANG DI SITUS BLOG HADZIHI SABILI - JEHADEMUSA

Kamis, 05 Juli 2007

1 TIPS SUKSES BIMBA (Bimbingan Mahasiswa Baru)

Persembahan Spesial untuk Sahabat-sahabatku Aktifis Dakwah Kampus FMIPA UNAND yang sedang berjihad di medan BIMBA (Bimbingan Mahasiswa Baru 2007/2008)

Ikhwatifillah, banyak psikolog berkata bahwa setiap orang ketika berinteraksi dengan orang lain cenderung memikirkan manfaat yang bisa diperolehnya sebagai hasil dari interaksinya dengan orang lain tersebut . Sebagai contoh, ketika seorang pasien berinteraksi dengan dokter> Di dalam benak pasien, ia berpikir bahwa dokter dapat menjadi suatu jalan untuk mengobati penyakit yang dideritanya. Itulah manfaat yang diperolehnya sehingga manfaat itulah yang menjadi motivasi utama si pasien untuk berinteraksi dengan dokter.

Hal yang tidak jauh berbeda ketika kita ingin melayani (Baca : berinteraksi) dengan mahasiswa baru. Ada sebuah pikiran mulia yang hadir dalam benak kita yaitu kita dapat mengambil manfaat berupa keberhasilan dakwah kaderisasi melalui interaksi kita dengan mahasiswa baru pada saat BIMBA. Namun ada sebuah tuntutan balik yang harus kita perhatikan juga. Ternyata mahasiswa baru akan berpikir tentang hal yang sama sebagaimana kita berpikir, ‘apa manfaat yang bisa diperolehnya dari interaksinya bersama kita selama BIMBA…?’. Apabila kita mampu menjawab pertanyaan itu maka itu berarti bahwa interaksi kita dengan mahasiswa baru pada saat BIMBA akan lancer…

Kesimpulannya adalah ketika kita ingin berinteraksi dengan mahasiswa baru, kita harus sudah mempersiapkan aneka manfaat yang bisa diperolehnya dari kita. Hal itu berarti pula bahwa kita sudah siap memenuhi kebutuhan-kebutuhannya. Jadi, tips yang utama adalah kenali kebutuhannya…dan lakukan aksi selanjutnya!

SEMOGA SUKSES…, fa'lamuw, innallaha ma’ana.

Baca juga tulisan jhd sebelumnya (klik di sini)

Tidak ada komentar:

8 Tulisan Populer Pekan Ini