SELAMAT DATANG DI SITUS BLOG HADZIHI SABILI - JEHADEMUSA

Senin, 09 Juli 2007

HARI INI AKU MULAI MENJADI PENELITI!!!

Hari ini aku mulai menjadi peneliti... Berstatus sebagai peneliti (sementara) di Laboratorium Kendali Kualitas Bidang Bahan Bakar Nuklir Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir Badan Tenaga Nuklir Nasional Indonesia (wah, panjang amat?). Kalau terlalu panjang, mudah saja tinggal kita pakai singkatannya. Singkatannya apa? Laboratorium KK B3N PTBN BATAN. Lho, kok masih panjang? Mau menyingkat lagi? Sebut saja LAB KK.

Sudahlah... Dasar orang Indonesia, hal-hal yang sepele dibuat jadi ribet...
Sudahlah... Kita teruskan kisahku hari ini.

Aku memasuki 'dunia kerja' sejak 2 Juli 2007. Namun baru hari ini aku memasuki 'dunia penelitian' yang sesungguhnya. Selama 1 minggu silam, aku hanya melihat-lihat labor dan segala isinya, selama 1 minggu pula aku hanya bermain di depan komputer di kantor B3N, dan selama 1 minggu ini juga aku hanya mencari bahan literatur penelitian via perpustakaan dan internet, berdiskusi dengan pembimbing dan segala aktifitas non-laboratory lainnya.

Nah, untuk hari ini aku sebagai seorang peneliti pemula di Lab KK. Sekitar pukul 8 pagi, seorang jhd berjalan menujuBATAN (tentunya pakai alat transpor donk..). Aku bertemu pembimbing dan segera mendengarkan 'ceramah' seputar penelitianku di KPST ini. Setelah 'puas' diceramahi, sambil juga menunggu Lab KK sudah layak untuk dimasuki (peralatan proteksi sedang dipersiapkan...). Setelah nada OK dari pembimbing, aku langsung menuju Lab KK yang angker itu. Maklumlah, semua lab di lingkungan BATAN adalah lab yang mengandung radiasi kontaminasi URANIUM.

Persiapan sebelum memasuki pintu paling depan dari laboratorium adalah dengan terlebih dahulu melapor ke bidang UPN (Unit Pengamanan Nuklir). Tapi karena aku telah lama 'dikenal' sebagai orang yang terkenal... he...3x, bukan!!! Tapi karena aku telah terdaftar sebagai mahasiswa praktek maka tidak perlu melapor ke bidang UPN. Sebelum memasuki ruangan lab yang sebenarnya, kita harus melewati 1 pintu lagi. Kemudia melapor di bidang PROTEKSI RADIASI untuk mengambil PEN DOSE dari petugas (PEN DOSE : alat pengontrol dosis radiasi sebelum dan sesudah bekerja dengan uranium). Setelah itu menuju pintu RUANG TRANSIT. Di depan pintu-pintu yang kulewati dari tadi terpampang banyak tulisan-tulisan peringatan seperti ATTENTION, AWAS, HATI-HATI. Yang paling mencemaskan adalah, INGAT KELUARGA ANDA MENANTI ANDA... (kira2 tulisannya tertera seperti itu). Semuanya menambah suasana pikiran dan jiwaku semakin... SERAM (Gimana, gitu ya...?). Di dalam ruang transiti ini aku harus mencatat DATA pengunjung lab (tidak terkecuali, siapapun orangnya). Pencatatan data di sini demi keamanan diri dan instansi itu sendiri.

Masih di dalam ruangan itu, aku menuju gantungan JAS LABOR, tentunya lebih tebal dan besar dari JAS LABOR yang aku sering kenakan di kampus limau manih Padang. Sepatu harus diganti dengan sepatu LUCU. Sepatu lucu??? Bagi diriku pribadi, sepatu itu lucu karena berwarna kuning, gak style banget...modelnya culun... Katanya, itu sepatu khusus yang digunakan di lab ini untuk melindungi dari radiasi.... Oooo begitu...

Setelah dari ruang transit, pintu pertama dibuka, eh ternyata ada pintu lagi. Setelah pintu yang satu itu baru ada pintu menuju ke dalam lab KK. Kalau dihitung, kira-kira ada berapa pintu ya? Jumlahnya banyak sekali.............................. 1, 2, 3,4,...pokoknya berlapis deh!!!

Oh ya sebelum memasuki lab KK, aku juga sudah menggunakan masker yang diberikan oleh karyawan di bidang PROTEKSI RADIASI beberapa hari yang silam...

Sahabat sekalian, cukup dulu kisahku hari ini. Sebagi info awal, judul penelitian dalam program KPST-ku adalah............(masih dipikirkan). Tapi yang jelas ada beberapa 'keyword' dalam judulnya : Uranium Dioksida, Stripping, Optimasi, Analisis.

1 komentar:

Trian Hendro A. mengatakan...

hmm... selamat menjadi peneliti!!

:)

8 Tulisan Populer Pekan Ini