SELAMAT DATANG DI SITUS BLOG HADZIHI SABILI - JEHADEMUSA

Kamis, 26 Juli 2007

Tadabbur : Rahmat dan Hidayah

Kedua kata ini adalah kata kunci untuk menjapai jannatullah. Rahmat dan hidayah merupakan dua istilah yang tidak dapat kita pisahkan antara satu dengan yang lainnya. Rahmat dan hidayah, atau hidayah dan rahmat keduanya sama yakni anugerah dari Allah ‘azza wa jalla.

Menggapai jannatullah…?

Benar, dengan rahmat dan hidayah kita bisa mencapai jannatullah. Orang-orang yang masuk jannatullah adalah orang-orang yang telah diberi hidayah oleh Allah sekaligus dirahmatinya. Untuk memperoleh hidayah dan rahmat tidak semudah membalikkan telapak tangan. Mudah? Oh tidak, ingatlah bahwasanya sesuatu yang baik di sisi Allah selalu dipenuhi dengan kesulitan. Tapi perlu dipahami juga, Allah telah berkata “sesungguhnya di balik kesulitan ada kemudahan”. Memperoleh hidayah harus dengan ikhtiar. Sama halnya dengan memperoeh rahmat. Keduanya tidak gratis begitu saja.

Memasuki tempat termulia yang dijanikan Allah bukanlah semata-mata karena ikhtiar yang telah kita lakukan. Karena pada hakikatnya hanya Allah lah yang berhak memilih di antara hamba-hambaNya yang shalih untuk ditempatkan dalam jannah-Nya. Hal yang perlu kita pegang adalah berniat ikhlas, berikhtiar, berdo’a dan bertawakkal hanya pada Allah. Agar hidayah dan rahmatNya selalu mengiringi getaran langkah perjuangan hidup kita.

Sebagai seorang muslim sejati hendaknya kita selalu berharap pada Allah agar rahmat dan hidayah selalu menaungi hidup dan kehidupan kita. Syaratnya apa? Syaratnya yah, ada satu saja. Syaratnya adalah dengan menjadikan Al Qur’anulkarim sebagai sahabat hidup dan kehidupan kita. Dengan tilawah, tadabbur, menghafal, dan mengamalkan serta mendakwahkannya. Sebaik-baik persahabatan akan terbukti dengan tingginya kualitas dan kuantitas interaksi kita dengan sahabat kita. Persahabatan selalu dihiasi dengan cinta. Cinta dalam arti yang tulus berupa kasih sayang yang sangat mendalam. Dengan bersahabat denga Al Qur’anulkariim, kita akan lancar memperoleh hidayah dan rahmat dari Allah dengan melimpah. (Tadabbur surah 31 : 3 serta 3 : 31, yuk…!)

Tidak ada komentar:

8 Tulisan Populer Pekan Ini