SELAMAT DATANG DI SITUS BLOG HADZIHI SABILI - JEHADEMUSA

Minggu, 22 Juli 2007

Sekilas Tentang Program MTQ FSI FMIPA UNAND

Sebuah program yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas interaksi ikhwan dan akhwat FMIPA UNAND dengan Al Quranulkarim. Program ini merupakan program baru di Departemen Kaderisasi FSI FMIPA UNAND. Program MTQ (Majlis Tahsin/Tahfizh Qur’an) ini diluncurkan pada periode kepengurusan Dep. Kaderisasi FSI FMIPA UNAND 06/07.

Latar belakang program ini adalah mimimnya hafalan Qur’an ADK dan banyaknya yang masih terbata-bata membacanya. Hal ini sebagai akibat dari interaksi yang kurang terhadap Al Qur’an. Diharapkan dengan adanya program ini, ADK mampu termotivasi secara totalitas untuk memperbaiki bacaan dan meningkatkan kuantitas dan kualitas hafalan Qur’an.

Bentuk program adalah semihalaqah. Menurut ana (penulis), program semihalaqah yang dimaksudkan di sini adalah adanya kegiatan rutin yang menyerupai halaqah tarbawiy tetapi mentor atau murabbinya bebas, berganti setiap minggu…, pesertanya pun tidak terlalu ‘terikat’ secara manhajiy. MTQ FMIPA UNAND atau lebih sering disebut dengan halaqah Qur’an sebenarnya sudah dicontohkan oleh beberapa orang ikhwan yang sudah lebih dahulu ‘bermain’ dengan aktifitas menghafal Qur’an. Aktifitas itu berupa pertemuan mingguan yang dirancang sedemikian rupa untuk memperbaiki bacaan Qur’an dan menambah jumlah hafalan Qur’an. Terkadang dengan adanya seorang ustadz/murabbi Qur’an, terkadang juga tanpa murabbi, dalam arti bahwa halaqahnya dilakukan secara mandiri.

Sebuah pengharapan yang tulus dari pengurus Dep Kaderisasi yang lama (06/07) kepada Pengurus Dep. Kaderisasi yang baru (07/08), Iwan, Medi, Yingki, Taufik, Husni, dkk akhwat, semoga program yang telah dilahirkan setahun yang lalu ini dapat dilanjutkan dengan manajemen yang lebih mantap lagi. Mari mewujudkan dakwah kampus (minimal dakwah kampus FMIPA UNAND) yang tetap qur'aniy. Ingat ikhwah fillah, inilah manhaj asasiy dakwah kampus kita...

Tetap semangat…

Tidak ada komentar:

8 Tulisan Populer Pekan Ini