SELAMAT DATANG DI SITUS BLOG HADZIHI SABILI - JEHADEMUSA

Minggu, 22 Juli 2007

Menjadi Mentor Siswa SMP di Serpong...

Alhamdulillah, inilah kalimat yang wajib terucap oleh mulut ana hari ini. Tepat di waktu sore yang cerah ini, setelah mengakhiri outbound yang diprogramkan oleh para du'at di tanah serpong. Kegiatan ana hari ini sebenarnya bermula dari 'ta'limat' MR untuk mengikuti daurah mentor tanggal 17 Juli 2007 hari sabtu lalu. Rupanya, daurah itu adalah persiapan untuk acara outbound hari ini.

Outbound? Sebenarnya sih bukan outbound saja. Selain outbound juga diawali dengan penyampaian materi-materi tentang cara belajar yang menyenangkan (Ustadz Budi Mulyono, S.Pd) dan materi Get Friends (Ustadz Arif 'Dahsyat'). Acara ini diberi nama "Back To School, Get Friends Get Fun in Smart Pesantren. Acara pesantren cerdas ini diikuti oleh siswa SMP di serpong. Jumlah peserta hadir sekitar 135 orang (co/ce). Peserta lumayan banyak, padahal diperkirakan hanya 100 orang...maksimal. Acara ini dikemas dengan sangat menarik. Organizernya adalah IQRA' CLUB dan Akhwat Sholihah...Tangerang.

Di dalam agenda asyik ini, ana berperan sebagai 'mentor sehari' untuk memimpin salah satu kelompok peserta. Tentunya peserta ikhwan dong!!! Bersama dengan ikhwan mentor lain (Mas Syamsul Arifin dan Mas Asep M. Ridwanuloh (keduanya Alumni Kimia 02 UNSOED). Mas Asep adalah mantan ketua ROHIS FMIPA UNSOED. Selain itu ada juga akh Taufik (Mesin'06 ITI), dll.

Hal yang baru bagi ana adalah penyajian acara ini yang sangat 'fun'. Tiada detik terlewati tanpa 'fun'. Siswa SMP yang hadir mengikuti acara ini sepertinya sangat antusis. Mungkin 'pengen nambah lagi. So, dengan melihat animo adik2 itu, ana mempunyai banyak inspirasi, kayaknya acara yang semacam ini perlu juga diterapkan di Padang kota tercinta...

Tepat pukul 7 pagi hari. Ana bersama akh Zulfa Fitrico 'David Kimia 04) menuju Masjid Bahrul 'Ulum di sekitar kawasan PUSPIPTEK Serpong. Akh Zulfa, nama baru David di Serpong, ana ajak untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini walaupun beliau belum mengikuti daurah. Ana pikir, biasa aja lah, kita 'kan sudah berpengalaman dari Padang...

Setelah tiba di masjid, ternyata mentor-mentor lain sudah pada datang. Tidak lama kemudian, Mas Asep dan Mas Syamsul pun tiba. Sambil menunggu peserta yang ditargetkan datang sekitar jam setengah delapan. Kami saling bercengkrama di sepanjang koridor masjid. Ana dengan Mas Asep berbicara masalah dakwah MIPA, JRMN, dsb. Sementara ikhwan lain, ana tidak tahu... entah apa2 saja yang mereka bicarakan.

Detik telah berlalu cepat, puluhan siswa SMP akhirnya datang juga. Tidak lama setelah itu acara pesantren pun dimulai. Pembukaan yang fun dari panitia, tilawah Q, dan materi 1. Diselingi dengan simulasi 'mind map' oleh mentor lalu dilanjutkan dengan materi 2. Setelah materi 2, mentor mengajak kembali peserta untuk games. Games ini dinamakan games Sudoku, sebuah games teka teki angka yang berasal dari negara sakura. Setelah puas bermain games, tiba lah saatnya untuk makan siang. Sebenarnya waktu zhuhur sudah masuk namun mengingat waktu yang sempit, makan siang diawalkan lebih dulu (ijtihad panitia, he...3).

Ba'da shalat zhuhur berjama'ah, semua peserta diinstruksikan oleh panitia dan mentor untuk mengikuti outbound di lapangan. Ikhwan dan akhwat dipisah. Akhwat di areal parkir masjid sedangkan ikhwan di lapangan perumahan dinas puspiptek. Outbound ini dinamakan 'SMAD' singkatan dari Smart Adventure. Secara umum, outbound ini bertujuan untuk mengumpulkan 5 huruf yang harus ditebus setelah melewati beberapa rintangan. Rintangan pertama disebut bamboo mover, kedua ranjau berbahaya, ketiga mencari bendera dengan mata tertutup, terakhir menghitung berjama'ah.... (kedua step terakhir ana namai sendiri dalam tulisan ini istilah yang sebenarnya terlupa). Setiap rintangan yang terlewati akan diberi hadiah berupa huruf. Agar terkesan menantang, outbound dikemas dalam bentuk kompetisi antar kelompok. Siapa yang menang? Lihat saja di akhir tulisan ini.

Mengakhiri kegiatan seru hari ini, semua peserta dikumpulkan kembali di pelataran masjid
untuk mengikuti acara penutupan sekaligus pengumuman pemenang. Pemenang simulasi mind mapping, teka-teki Sudoku, yel-yel, dan pemenang outbound. Alhamdulillah, pemenang simulasi mind map dan outbound berasal dari kelompok yang ana pimpin, kelompok 1. Uhuuuy senengnya...

Acara ini berakhir sebelum waktu ashar dengan gebyar luar biasa, istilah klerennya happy ending.... Kita berharap semoga acara ini mampu menyentuh adik-adik kita untuk berislam dengan kaffah secara dini. Hal yang lebih penting lagi mereka mampu mengikuti acara 'pekanan' sebagai follow up dari acara 'Back to School, get friends, get fun in Smart Pesantren'. Insya Allah.

Ditulis di Warnet dekat gerbang masuk komp. perumahan BATAN INDAH. Salam jihad kepada akh Asep, Syamsul, Taufik, Alim, pak Budi, dll... Teriring salam sayang penuh asa kuat kepada adik-adik siswa SMP peserta pesantren. Terkhusus kepada adik-adik mentee ana (kelompok 1 ) : Deka Irawan (Mas'ul), Ahmad Suhendi, Muslih Hakim, M. Roditya, Aldi Ramdoni, Rizal, Sulistiyono, Ari Setiawan, Jaenal Mutaqin, M. Azis, Mujiyana, Adrian B. Prastha, dan Chandra. Semoga kalian ditakdirkan oleh Allah sebagai pemuda pejuang dakwah ini... Bukan pemuda yang diperjuangkan.

Tidak ada komentar:

8 Tulisan Populer Pekan Ini